/

JPU Bacakan Tuntutan Dugaan Korupsi Oknum Mantan Kumtua Raringis Langowan

1 min read
Kejari Minahasa Yosi Korompis
Kasi Intel Kejari Minahasa Yosi Korompis SH (foto dokumentasi kanalmetro)

KANALMETRO, MINAHASA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa membacakan tuntutan terhadap lelaki RRP alias Ranny, oknum mantan Hukum Tua (Kumtua), Desa Raringis, Kecamatan Langowan Barat atas dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2017.

Tuntutan JPU yang dibacakan jaksa Pingkan Wenur SH dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Manado, Senin (4/4/2022).

Sidang dipimpin Hakim Ketua Yance Patiran SH MH serta Hakim Anggota Pultoni SH MH dan Edy Darma dengan Panitra End Annatje dan menghadirkan penasehat hukum terdakwa.

Dimana Ranny dituntut oleh JPU hukuman penjara selama satu tahun tiga bulan.

Kepala Kejari Minahasa Diky Oktavia SH MH melalui Kasi Intel Yosi Korompis ketika dimintai keterangannya, Selasa (5/4/2022) tak menapik akan hal tersebut.

Menurutnya, oknum mantan Kumtua itu sebelumnya didakwa dengan dugaan korupsi atas penyalahgunaan ADD dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Raringis tahun 2017. Ketika itu Ranny menjaga sebagai Hukum Tua di Desa tersebut.

Dimana Desa Raringis saat itu mendapat alokasi dana dari ADD sebesar Rp 742.519.000. Dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan Desa, Ranny dibantu aparat diantaranya Sekdes, Bendahara, Kaur Pembangunan. Saat itu juga terjadi dugaan Tipikor.

Latest from Same Tags