/

TPS Pemilu 2024 Mulai Dipetakan KPU Sulut

2 mins read
Pemetaan TPS KPU SulutPemetaan TPS KPU Sulut
Rakor pemetaan TPS Pemilu 2024 oleh KPU Sulut (ist)

KANALMETRO, SULUT – Kamis (14/4/2022), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama bersama 15 KPU Kabupaten /Kota melaksakanan rapat koordinasi (Rakor) terkait pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Pemetaan ini merupakan dasar dalam penyusunan jumlah pemilih di TPS pada Pemilu tahun 2024 nanti,” kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut Meidy Tinangon.

Sehingga menurut Tinangon, rakor itu dilaksanakan berdasarkan implementasi atas Peraturan KPU (PKPU) nomor 6 tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

“Dicek kembali lagi TPS yang dipisahkan dalam satu Kartu Keluarga, data ganda dari KPU RI. Termasuk jika ada penambahan dan penurunan harap langsung dimasukan kedalam Sistem Pemutakhiran Data Pemilih (SIDALIH) online agar KPU RI dapat memantau langsung,” tambah Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sulut Lanny Anggriany Ointu.

Ditegaskannya pula bahwa setiap operator harus proaktif kalau ada kendala. Agar nantinya dalam Pemilu 2024 semakin bagus.  Dan jika ada operator yang kurang proaktif dan menjadi kendala dalam bekerja, kedepan akan dievaluasi untuk dilakukan pergantian.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan bahwa hal yang perlu menjadi perhatian adalah terkait kewenangan dan tugas dalam mengimplentasikan PKPU tersebut.

“Dibaca dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar memiliki output yang jelas dalam Pemilu 2024,” tegas Mewoh.

Sementara itu Rakor yang dilaksanakan di KPU Sulut tersebut sebagai upaya dalam mempersiapkan serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu di tahun 2024

Rakor itu diikuti jajaran KPU Sulut, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi  serta Kasubag Perencanaan, Data dan Informasi  dan Operator Sidalih dari 15 Kabupaten /Kota.

Latest from Same Tags