20 April 2024

/

Kembangkan dan Tingkatkan Pariwisata Tomohon, Pemkot Gandeng PT Pembangunan Jaya Ancol

3 mins read
Pariwisata Tomohon Jaya Ancol
Wali Kota Tomohon bersama PT Pembangunan Jaya Ancol menunjukan dokumen MoU terkait Pariwisata (foto pemkot)

KANALMETRO, TOMOHON – Rabu (27/4/2022), Wali Kota Tomohon Caroll Senduk melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (Mou) dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk terkait sektor Pariwisata.

Dimana tujuan utama dalam MoU dengan PT Pembangunan Jaya Ancol yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pariwisata di Kota Tomohon.

Naskah MoU yang ditandatangani di Candi Bentar Convention Hall Kawasan Ancol dilakukan langsung Wali Kota dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali.

Senduk berterimakasih kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta atas ditandatanganinya MoU tersebut. Karena hal itu dilakukan dalam rangka pengembangan dan peningkatan pariwisata di Kota Tomohon.

Dijelaskannya pula bahwa kerja sama itu meliputi penyusunan kajian dari segi bisnis, penjajakan bentuk /skema /model kerja serta hal lain yang behubungan dengan sinergi potensi pengembangan pariwisata di Tomohon.

Karena dengan adanya pengembangan proyek Tourism Tomohon. Maka diperlukan IP Character lokal sebagai brand wisata Tomohon. Inisiasi ini akan menggandeng creative animator sehingga berpotensi menambah lapangan pekerjaan baru.

“Bentuk kerja sama ini menjadikan Kota Tomohon sebagai Learning  and Knowledge Hub dalam kemasan Pariwisata yang merupakan suatu konsep terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui perusahaan tersebut,” kata Senduk.

Dirinya pun berharap kerja sama itu dapat berdampak pada peningkatan destinasi wisata dan kegiatan ekonomi di Jakarta dan Kota Tomohon.  Sehingga nantinya juga akan berdampak pada pemulihan ekonomi Jakarta, Tomohon dan secara Nasional. Dan demikian akan berdampak juga pada peningkatan perekonomian masyarakat Kota Tomohon dan umumnya.

Wali Kota juga mengajak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta untuk turut serta menghadiri Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2022 yang rencananya akan dilaksanakan bulan Agustus.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang ikut menyaksikan penandatangan MoU itu mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik segala upaya untuk menciptakan kolaborasi Pemkot Tomohon.

Dijelaskannya bahwa bentuk kerja sama dalam menjadikan Kota Tomohon sebagai Learning and Knowledge Hub dalam Kemasan Pariwisata merupakan suatu konsep terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Sehingga diharapkan hal itu dapat menguatkan Jakarta sebagai kota kolaborasi.

“Kiranya juga gerakan kolaborasi Indonesia yang telah dibangun bersama Jaringan Komunitas dapat menjadi semangat baru dan dapat mendorong terbangunnya Ekosistem Ekonomi Kolaboratif kuat dan berdaya saing unggulan,” pungkasnya sembari berharap kerjasama ini membuka jalan untuk hal lain.

Ikut hadir Wakil Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Kota Tomohon, Ketua TP-PKK Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng, unsur BP BUMD Provinsi DKI Jakarta bersama jajaran PT Pembagunan Jaya Ancol Tbk.

Latest from Same Tags