//

Lokasi Wisata di Minahasa Wajib Utamakan Keselamatan Pengunjung

1 min read
Lokasi Wisata Pantai di Minahasa
Salah satu lokasi Wisata Pantai di Minahasa (KM-Kelly)

KANALMETRO, MINAHASA – Pasca terjadinya sejumlah kejadian yang menewaskan pengunjung pada beberapa lokasi wisata di Kabupaten Minahasa.

Maka seluruh lokasi wisata di Kabupaten Minahasa kini wajib untuk mengutamankan soal keselamatan dari para pengunjung.

Terkait hal itu Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) mengeluarkan surat edaran nomor 288/BM-V-2022 tentang peningkatan keselamatan pegunjung di tempat wisata.

Sejumlah poin penting pun disampaikan dalam surat edaran tertanggal 10 Mei 2022 yang ditandantangani ROR.

Pertama, pengelola tempat wisata khususnya di Kawasan pesisir pantai, danau, sungai dan kolam renang agar mengutamakan keselamatan pegunjung. Yakni dengan melakukan pengawasan secara intensif untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kedua, seluruh tempat wisata harus menyiapkan petugas penjaga keamanan, keselamatan dan pelampung,pemadam kebakaran serta alat keselamatan lainnya. Serta memasang rambu rambu peringatan di lokasi wisata.

Ketiga, memperhatikan cuaca yang sering mengalami perubahan secara mendadak. Sehingga kiranya menutup tempat wisata apabila dalam keadan buruk.

Keempat, pengelola wisata wajib berkordinasi dengan pemerintah dan aparat keamanan setempat untuk menjamin keamanan serta keselamatan pegunjung.

Kelima, instansi terkaiit, termasuk Camat, Hukum Tua maupun Lurah agar melakukan pengawasan secara rutin di tempat-tempat wisata di wilayah Kabupaten Minahasa.

Sekedar diketahui jika pada liburan Idul Fitri tahun 2022, ada dua kejadian pengunjung wisata pantai di Minahasa yang tenggelam dan dinyatakan meninggal dunia.

Bahkan kejadian serupa telah beberapa kali terjadi pada tempat wisata pantai yang ada di Kabupaten Minahasa. (Kelly)

Latest from Same Tags