Gaghana Me’daseng di Ulung Peliang Tamako

2 mins read
Ma'daseng Jabes Gaghana
Gaghana dalam Ma'daseng di Tamako (KM-Mouren)

KANALMETRO, SANGIHE – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana melaksanakan program unggulan Me’daseng di Kampung Ulung Peliang (Upel), Kecamatan Tamako, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dihadiri langsung Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Yusharto Huntoyungo sekaligus untuk mendengar langsung berbagai aspirasi dari masyarakat. Tujuannya agar pelayanan pemerintah terhadap masyarakat lebih maksimal.

Gaghana mengatakan bahwa kehadiran Dirjen dalam Me’daseng di Kampung Ulung Peliang ini memberikan suasana yang sangat istimewa. Hal itu karena dapat melihat secara langsung kondisi desa-desa yang ada di Kabupaten Sangihe.

“Ini juga merupakan kerinduan Dirjen, bagaimana Pemerintah Kampung menjadi sebuah objek sebagai pemerintahan yang betul-betul mampu mendorong kepelayanan maksimal. Dan menjadi bagian Pemerintah untuk kesejahteraan pertumbuhan ekonomi di wilayah masing-masing dengan potensi yang ada,” Jelas Gaghana.

Bupati juga berharap kiranya kegiatan itu menjadi sebuah komunikasi baik dan untuk kemajuan desa – desa.

Sementara itu Huntoyungo mengatakan bahwa program Me’daseng merupakan inovasi pelayanan publik yang menjadi salah satu unggulan di Kabupaten Sangihe. Dan tentunya memberikan apresiasi bagi pemerintah daerah khususnya Bupati.

“Dengan masuknya Kabupaten Sangihe kedalam lokus program P3PD, maka kedepannya pemerintah dapat membuat kebijakan terkait peningkatan kapasitas dari perangkat desa dalam bersinergi dengan pengurus program Me’daseng,” ujarnya.

Sehingga dirinya berharap dampak dari program Me’daseng dapat semakin luas kepada masyarakat. Serta partisipasi dari masyarakat untuk bahu-membahu dalam proses penyelenggaraan, pelayanan dan pembangunan desa. Dan meningkatkan sinergitas dengan lembaga-lembaga yang ada di Desa.

“Saya berharap dengan Me’daseng ini dapat terciptanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara unsur penyelenggara pemerintahan desa. Adanya sinergitas antara perangkat daerah dengan kelembagaan desa yang ada dalam program Me’daseng,” pungkasnya.

Ikut unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab), seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemkab Sangihe, Camat, masyarakat dan perangkat desa.

Latest from Same Tags