19 April 2024

/

Koperasi di Tomohon Dibekali Pelatihan Guna Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi

1 min read
Pelatihan Koperasi Tomohon
Pelatihan Koperasi di Tomohon (foto pemkot)

KANALMETRO, TOMOHON – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon mengadakan pelatihan bagi Koperasi, Rabu (18/5/2022) di Sixteen Café.

Pelatihan itu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengurus maupun anggota Koperasi yang ada di Tomohon.

Asisten III Setdakot Tomohon ODS Mandagi ketika mewakili Wali Kota membuka kegiatan itu mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional didalam Koperasi sedang mengalami tantangan yang cukup serius akibat pandemic Covid-19.

Tantangannya adalah tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk. Tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru ditengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis.

Dikatakannya pula bahwa saat ini kita menghadapi tiga perubahan yang tak terduga dan cepat secara sekaligus. Yakni disrupsi pandemi yang mengubah pola aktivitas dan munculnya norma baru.

Selanjutnya disrupsi demografi yakni struktur demografi didominasi oleh generasi milenial. Dan ketigadisrupsi teknologi atau era revolusi industry 5.0 dengan kemudahan akses teknologi.

Sehingga untuk menghadapi hal tersebut pemerintah telah menerapkan langkah-langkah strategis terkait pengembangan koperasi. Salah satu cara yang dilakukan Pemkot Tomohon adalah terus berusaha untuk menggerakan roda pemerintahan pada umumnya. Secara khusus bagi gerakan koperasi dan pelaku usaha.

Latest from Same Tags