Tim Direktorat Bimkemas Kemenkumkam Monev di LPKA Tomohon

1 min read
Monev LPKA Tomohon
Tim Monev di LPKA Tomohon (foto lpka)

KANALMETRO, TOMOHON – Tim Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM dipimpin Surya Permana Barus selaku Sub Koordinator Pembinaan Anak melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di LPKA Tomohon, Selasa (24/5/2022).

Monev yang dilaksanakan adalah terkait bidang Layanan Pendidikan dan Pengentasan Anak.

“Tujuan kegiatan Monev kali ini yaitu untuk memantau kegiatan Pengembangan Sistem Pembelajaran Berkelanjutan bagi Anak yang berlangsung di LPKA Tomohon,” ungkap Barus.

Dirinya pun menekankan soal pembinaan dengan pendekatan secara kekeluargaan.

“Kita harus memperlakukan mereka seperti anak-anak kita dirumah serta menumbuhkan ikatan batin antara Petugas dan WBP agar pelaksanaan tugas pembinaan maupun pembimbingan bisa berjalan lancar,” tambah Barus.

Kesempatan itu tim meninjau ruang registrasi untuk melihat pelaksanaan registrasi masuk keluar WBP yang ada. Termasuk pemenuhan kelengkapan administrasinya.

Selanjutnya di ruang Pembinaan untuk mengecek pelaksanaan pembinaan, pendidikan formal maupun nonformal dan proses pemberian Hak Anak.

Setelah itu meninjau di Ruang Bengkel Las serta pelaksanaan kegiatan keterampilan pengelasan yang berlangsung. Dan di ruang perawatan kesehatan untuk mengetahui kesiapan tenaga medis, sarpras dan ketersediaan obat-obatan termasuk jenis penyakit yang sering dikeluhkan serta proses penanganannya.

Dilakukan juga peninjauan disejumlah ruangan lainnya.

Kepala LPKA Tomohon Marulye Simbolon berharap kedatangan tim bisa memotivasi pihaknya untuk mendidik WBP khususnya Andikpas untuk lebih baik lagi.

Saat itu Surya didampingi tim dari Kanwil Kemenkumham Sulut khususnya Divisi Pemasyarakatan dipimpin Daniel Sorontou selaku Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi.

Latest from Same Tags