29 March 2024

98 Calon Kumtua Terpilih di Pilhut Minahasa Dapat Pembekalan

1 min read
Kumtua terpilih Pilhut Minahasa
Para kumtua terpilih di Minahasa usai pembekalan

KANALMETRO, MINAHASA – 98 Calon Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa yang baru terpilih dalam Pilhut mendapat pembekalan, Selasa (7/6/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung mengatakan pembekalan ini wajib diikuti oleh seluruh calon Kumtua terpilih di Pilhut sebelum dilantik.

Apalagi menurutnya pelantikan bisa kapan saja dilaksanakan, tinggal melihat waktu yang tepat. Namun diharapkan juga agar para calon terpilih supaya dapat merangkul masyarakat keseluruhannya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Frits Muntu ketika membuka pembekalan tersebut mengaku bersyukur karena proses Pilhut tahun 2022 sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Itu tak lepas dari pelaksanaan tugas panitia Pilhut dari tingkat Desa hingga Kabupaten. Termasuk siapa saja yang terlibat.

Muntu pun meminta kepada para calon Kumtua terpilih agar mulai mempersiapkan diri. Salah satunya adalah merubah penampilan karena kini sudah menjadi tokoh masyarakat.

Diingatkan pula dalam proses serah terima jabatan agar diperhatikan dengan teliti seluruh berkas yang ada. Sehingga kedepan tidak terjadi permasalahan saat memimpin Desa.

“Periksa baik-baik berkas yang diterima. Apalagi masih banyak Dana Desa (DD) yang belum tersalurkan,” kata Muntu.

Karena menurutnya banyak Kumtua yang tersandung kasus dan ada di Lapas karena masalah keuangan. Oleh karena itu diingatkan agar dalam mengelolah keuangan desa harus sesuai aturan supaya aman dari permasalahan hukum.

Bimtek yang digelar di aula Benteng Moraya Tondano, ikut menjadi pemateri asissten I Setdakab Riviva Maringka, Kepala Inspektorat Moudy Lontaan dan Kepala DPMD.

Latest from Same Tags