29 March 2024

Tamuntuan Buka Peluang Pembangunan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di Sangihe

1 min read
Rinny Tamuntuan Unima
Tamuntuan ikut melakukan peletakan batu pertama pembangunan (foto pemkab Sangihe)

KANALMETRO, SANGIHE – Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan membuka peluang untuk pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan di daerah perbatasan ini.

Karena Tamuntuan melihat adanya peluang untuk adanya pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan di Sangihe setelah hadiri dan melihat adanya Ground Breaking PLTS 0,4 MWp, Jumat (10/6/2022).

Dimana hal itu merupakan kerjasama Universitas Negeri Manado (Unima) dengan PT Wika Energi dan PT SUN Energi. Dan menurut Tamuntuan hal itu menjadi satu motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Diketahui, Proyek Pembagunan PLTS ini merupakan Kerjasama Unima dengan dua perusahaan yakni PT Wijaya Karya Energi (Persero) tbk dan PT Surya Utama Nuansa Energi. Proyek ini sejalan dengan transformasi menuju energi hijau yang merupakan salah satu fokus dalam Presidensi G20.

Rektor UNIMA Prof Dr Deitje Adolfien Katuuk MPd mengatakan, bangsa Indonesia memiliki sumber energi surya yang luar biasa dan ebagian besarnya belum dimanfaatkan. Ini menjadi kesempatan untuk menggunakan energi tersebut.

Dan PLTS ini menjadi laboratorium dan sarana pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa Unima juga Laboratorium percontohan bagi universitas lain.

Acara tersebut dihadiri Pejabat dari Direktoral Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Pejabat dari Kedua perusahaan, Perwakilan GM PT PLN, dan Beberapa Perwakilan Rektor Perguruan Tinggi/Universitas yang ada di Sulawesi Utara.

Latest from Same Tags