//

Kembali Gabung PDIP, Lumentut: Ini Bukan Hal Baru

3 mins read
Wenny Lumentut PDIP
Lumentut bersama Dondokambey dan sejumlah pimpinan daerah dari PDIP di Sulut (foto dok Lumentut)

KANALMETRO, TOMOHON – Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut dikabarkan kini telah kembali gabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kabar soal Lumentut kembali gabung PDIP mencuat ketika beredar sejumlah foto dirinya bersama sejumlah Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang diusung partai berlambang banteng moncong putih.

Dimana dalam foto tersebut terlihat pula Gubernur yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Sulut Olly Dondokambey bersama para Kepala dan Wakil Kepala Daerah itu dengan latar belakang gedung Sekolah Partai DPP PDIP Perjuangan.

Kabarnya itu makin diperkuat dengan mengingat kembali keputusan Lumentut untuk keluar dari Partai Gerindra pada Maret 2022. Dimana Lumentut menunjukan surat pengunduran dirinya dari partai yang sempat membawanya sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2009-2014.

Ketika dimintai tanggapannya, Lumentut mengatakan jika dirinya pernah menjadi bagian dari keluarga besar PDIP. Bahkan pernah masuk dalam struktur Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Tomohon masa bakti 2003 – 2008.

Dimana saat itu Vonny Paat sebagai Ketua DPC dengan struktur kepengurusan diisi sejumlah politisi handal di Tomohon seperti Jefferson Rumajar, Paulus Sembel, almarhum JWT Lengkey.

“Jadi ini bukan hal yang baru,” kata Lumentut kepada Kanal Metro, Kamis (16/6/2022).

Bahkan menurutnya, dengan kembali bergabung bersama PDIP membuatnya kembali berpolitik meski pernah sempat menyatakan bakal istirahat.

“PDIP Partai Nasionalis, tidak ada target pribadi yang dipatok melainkan untuk bisa menjaga stabilitas ekonomi dan politik di 2024. Perlu terlibat dan mengawal situasi,” tegasnya.

Sekedar diketahui diberitakan sebelumnya, Diakhir Maret 2022, Lumentut menyatakan mundur dari Gerindra dengan alasan karena dirinya akan lebih berkonsentrasi untuk melayani masyarakat, baik di Kota Tomohon maupun Sulut.

“Saat ini saya tidak ke partai politik manapun. Mau konsentrasi kerja melayani masyarakat Tomohon dan Sulut pada umumnya,” kata Lumentut.

Sehingga mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulut ini menegaskan bahwa dirinya kini berstatus independen dalam dunia politik.

“Terima kasih kepada Partai Gerindra, Ketua Umum Prabowo Subianto dan jajaran partai karena telah memberikan kesempatan kepada saya dalam berpartai selama ini,” ungkapnya.

Namun dalam Pemilu tahun 2004, Lumentut dijagokan PDIP sebagai salah satu Calon Legislatif untuk DPRD Sulut dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Minahasa dan Tomohon.

Ketika itu dirinya gagal menuju ke Gedung Cengkih (sebutan untuk kantor DPRD Sulut,red).

Tetapi berselang setahun kemudian yakni tahun 2005, PDIP Sulut yang ketika masih dipimpin almarhum Fredy Sualang menugaskan Lumentut sebagai Calon Wali Kota dalam Pilkada Tomohon.

Awalnya dirinya dipasangkan dengan almarhum Prof Jan Turang. Namun dikarenakan satu dan lain hal, Turang digantikan Prof JWP Mandagi.

Tetapi langkah keduanya gagal untuk menduduki posisi top eksekutif Kota Tomohon karena dimenangi oleh pasangan Jefferson Rumajar – Syenie Watulangkow yang diusung gabungan partai.

Usai dari pertarungan politik itu nama Lumentut sempat hilang dari dunia perpolitikan dan kembali muncul ketika mencalonkan sebagai Calon Legislatif DPRD Sulut untuk dapil Minahasa – Tomohon dari partai Gerindra. (Wailan)

Latest from Same Tags