29 March 2024

Lomba Berburu Hama di Tomohon, SBANL: Jangan Buru Hewan Dilindungi

2 mins read
Lomba Berburu Hama Tomohon
SBANL bersama peserta lomba berburu Hama di Tomohon (foto panitia)

KANALMETRO, TOMOHON – Setidaknya 300 peserta dalam 17 tim ikut dalam lomba berburu hama yang digelar Komunitas Pemburu Sulawesi Utara (Sulut) di Tara-Tara, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon, Senin (27/6/2022).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Stefanus BAN Liow (SBANL) berharap lomba berburu hama di Tomohon itu selain penyaluran hobi. Tetapi juga senantiasa mengedepankan tali persaudaraan.

“Tentunya ini juga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam menjaga keamanan serta ketertiban diantara pemburu hama hewan yang datang dari berbagai daerah di Sulut,” ungkap Liow.

SBANL juga mengingatkan pula untuk menjaga hakekat pemburu, yakni membantu masyarakat terutama petani dengan berburu.

Terlebih dalam melindungi tanaman seperti jagung, singkong dan jenis lainnya dari kerusakan akibat hama hewan babi hutan, tikus dan weris.

“Untuk menjaga citra pemburu tradisional agar jangan sekali-kali memburu hewan yang dilindungi dan peliharaan masyarakat,” harap SBANL.

Ketua Komunitas Pemburu Hama Hewan Sulut Jerry Liuw menjelaskan lomba berburu dilaksanakan secara berkala dengan berpindah-pindah lokasi (daerah) sejak beberapa tahun lalu.

“Dua tahun terakhir sempat terhenti karena pandemi Covid-19,” kata Liuw didampingi Koordinator pelaksana lomba Helky Rarez. 

Dijelaskan mereka bahwa lomba berburu hama hewan kali ini adalah untuk jenis babi hutan. Namun ada pula lomba mencari tikus dan burung weris.

Dimana dalam lomba berburu itu peserta menggunakan tombak trandisional dan anjing terlatih. Dan setiap pemenang lomba di masing-masing kategori mendapatkan tropi.

Pihak pelaksana memberikan apresiasi terhadap SBANL yang telah hadir dan menyiapkan sejumlah hadiah doorprize berupa topi, kaos dan senter.

Turut hadir Lurah Tara-Tara Tiga Rommy Loho, Babinsa TNI Hofny Montolalu serta masyarakat setempat.

Latest from Same Tags