20 April 2024

FKUB Sangihe Jaga dan Bangun Kerukunan Dalam Kearifan Lokal Lewat Dialog

1 min read
Dialog Lintas Agama FKUB Sangihe
Dialog Lintas Agama FKUB Sangihe (foto pemkab)

KANALMETRO, SANGIHE – Rabu (20/7/2022), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar dialog Lintas Agama dengan tema moderasi beragama dalam bingkai kearifan lokal.

Dialog yang digelar di Papanuhung Tampungang Lawo dibuka Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan.

“Sampai saat ini kerukunan dan toleransi beragama yang ada di Sangihe tercipta sangat baik. Dan itu tentunya menjadi harapan-harapan kita ke depan,” kata Tamuntuan.

Dirinya pun mengapresiasi kerja dan capaian-capaian yang sudah dilakukan FKUB Sangihe dalam upaya menjaga serta membangun kerukunan dalam kearifan lokal di daerah perbatasan ini.

“Apresiasi kepada pimpinan dan seluruh pengurus FKUB yang sudah bekerja maksimal,” kata Tamuntuan yang merupakan Bupati perempuan pertama di daerah perbatasan ini.

Disampaikannya pula, bahwa pemerintah memberikan perhatian karena kegiatan yang dilakukan cukup baik. Karena hal yang menyentuh ke masyarakat.

“Soal kerukunan antar umat beragama di Sangihe saya juga telah sampaikan kepada Kepala Pusat Kerukunan umat Beragama Kementerian Agama Republik Indonesia dr Haji Wawan bawah masih terjalin dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu dalam dialog tersebut Sekertaris FKUB Sangihe Ustadz Jais Kaunang memaparkan kinerja yang telah dicapai pihaknya. Mulai dari pemaparan keuangan, dana hibah, kegiatan bakti sosial serta penghargaan yang diterima.

Dialog tersebut ikut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Haji Anwar Abu Bakar, unsur forkopimda serta para tokoh agama dan masyarakat setempat.

Latest from Same Tags