GSSJA Daerah II Sulut dan Gorontalo Gelar Radar

3 mins read
Radar GSSJA Sulut Gorontalo
Pembukaan Radar GSSJA Sulut Gorontalo (foto panitia)

KANALMETRO, MINAHASA – Pelayan-pelayan Injil Gereja-gereja Sidang Jemaat Allah (GSSJA) Daerah II Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo menggelar Rapat Daerah (Radar).

Radar GSSJA Daerah II Sulut dan Gorontalo yang digelar di Wisma Lorenzo Lotta Kecamatan Pineleng dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Teddy Sumual mewakili Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR), Selasa (2/8/2022).

Sumual ketika membaca sambutan Bupati mengatakan, Pemkab mendukung penyelenggaraan Radar tersebut dengan harapan semoga akan dapat dirumuskan misi dan visi dalam menjalankan amanat pembangunan, khususnya di bidang keagamaan.

“Kegiatan seperti ini jangan hanya bentuk rutinitas saja tanpa menghasilkan apapun. Oleh karena seperti kita ketahui, bahwa dengan musyawarah dapat menentukan jatuh bangunnya sebuah organisasi dan kemajuan di masa yang akan datang. Untuk menatap masa depan yang lebih cerah, perlu kiranya kita sedikit merenungkan kembali beberapa persoalan pokok yang merupakan faktor keberhasilan sebuah organisasi,” ujar Bupati.

Lanjut katanya, persoalan yang sesungguhnya telah cukup lama dihadapi dan terus berlangsung dalam suatu organisasi antara lain, krisis sumber daya kader bagi pimpinan, konsolidasi organisasi yang belum mencapai target, kontiunitas program dan kebijakan, kualitas program yang belum mampu menyentuh masyarakat bawah dan lain-lain.

“Apabila permasalahan ini kurang diperhatikan, maka akan berdampak terhadap GSSJA, karena energi banyak terkuras hanya untuk mengurusi problem internal organisasi, sementara masalah krusial tidak terpikirkan. Yang perlu diperhatikan GSSJA saat ini adalah pemahaman terhadap kondisi sosial kultural yang sedang berkembang.

Bupati lalu menyampaikan bebeapa hal yang perlu diperhatikan pada Radar ini adalah, restrukturisasi program untuk menjadikan lebih menantang, berarti dan menarik. Lalu, lebih mempertimbangkan untus kualitas dalam perekrutan kader.

“Jaga kondisi organisasi tetap sejuk, serta menjalin kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama, sehingga tidak terjadi perpecahan diantara umat. Mari tumbuhkan iman seluruh warga gereja untuk tetap dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tukasnya.

“Akhirnya, saya Bupati Minahasa bersama Keluarga Roring-Lumanauw, dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM bersama Keluarga Dondokambey-Lengkong, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga dapat meningkatkan peran GSSJA guna mendukung tercapainya pembangunan di wilayah Kabupaten Minahasa,” pungkasnya.

Sementara, acara didahului dengan laporan dan ucapan selamat datang oleh Ketua Daerah II Sulut dan Gorontalo, Pdt Robby Lantu MTh, kemudian dilanjutkan dengan ibadah pembukaan dipimpin Ketua Badan Pengurus Pusat GSSJA di Indonesia, Pdt Hariagus Rimba.

Turut hadir, mewakili Bupati Bolaang Mongondouw, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulut, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa, Wakil Ketua Badan Pengurus Daerah II Sulut dan Gorontalo Pdt Dr Tat A Surentu MTh, Sekretaris Pdt Calvin Kampong STh, Bendahara Pdt Selfie Paulus MTh dan Komisaris Pdt Ir Refly Manopo STh, serta Ketua Panitia Pdt Jenni Supit STh dan para Pelayan Injil GSSJA Daerah II Sulut dan Gorontalo.

Latest from Same Tags