28 March 2024

/

Kumelembuai Juara Lomba Cemilan Kreatif TIFF 2022

2 mins read
Lomba Cemilan Kreatif TIFF 2022
Peserta menampilkan hasil mereka dalam lomba Cemilan Kreatif TIFF 2022, Kamis (11/8/2022) (KM-Wailan)

KANALMETRO, TOMOHON – Tim dari Kelurahan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur dinobatkan sebagai juara pertama dalam Lomba Cemilan Kreatif dalam rangka memeriahkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2022, di GOR Babe Palar, Kamis (11/8/2022).

Kumelembuai berhasil unggul dari dua kelurahan lain yang memperoleh juara dua dan tiga pada Lomba Cemilan Kreatif TIFF 2022, yakni  Kamasi Satu serta Tumatantang Satu.

Dimana nilai yang diperoleh oleh ketiganya yakni, Kumelembuai 90,20, Kamasi Satu 89,20 serta Tumatangtang Satu 85,00.

Berbagai macam aneka cemilan kreatif, sehat dan memiliki gizi disiapkan para peserta untuk memperoleh nilai terbaik dari tim juri. Para peserta juga membuat menu baru berbahan dasar pangan lokal.

Dimana setiap peserta diberi waktu satu jam untuk demo pembuatan cemilan. Aneka makanan ringan mulai dari keripik, dodol, curut, kue lapis dan bermacam kue basah lainnya.

Dengan kriteria penilaian meliputi kehadiran tepat waktu, keanekaragaman jenis pangan, kreatifitas pengembanagan resep makanan, cita rasa, tampilan penyajian makanan dan aspek keamanan

“Sesuai dengan maksud tujuan lomba Cemilan atau snack pangan lokal dapat ditampilkan basah atau kering bernilai jual dan bisa dipasarkan atau dapat dijadikan ole-ole bagi wasatawan,” kata Ketua Dekranasda Tomohon drg Jeand’arc Karundeng – Senduk.

Sementara itu Wali Kota Tomohon Caroll Senduk berharap kedepan dengan adanya festival seperti ini kelompok-kelompok kuliner akan lebih banyak lagi untuk mendukung program pemerintahan CS-WL. Terlebih dalam rangka mewujudkan Tomohon sebagai kota wisata kuliner.

Serta dengan harapan dapat mendorong perekonomian masyarakat Kota Tomohon.

Senduk juga menyampaikan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya kegiatan tersebut. Dimana menurutnya hal itu sebagai langkah konkret dari panitia dan peserta dalam menciptakan menu cemilan kreatif.

“Bagi yang terbaik akan memperoleh lapak khusus  di Pasar Beriman Tomohon untuk menjual hasil pembuatan mereka,” pungkas Senduk.

Latest from Same Tags