14 June 2024

Warga Kendahe Sepakat Stop BABS Guna Menuju Kabupaten Sehat

1 min read
Kendahe Stop BABS
Didampingi Camat Kendahe, Tamuntuan menandatangani piagam bagi Kepala Kampung yang sepakat stop BABS, Rabu (7/12/2022). (foto pemkab)

KANALMETRO, SANGIHE – Rabu (7/12/2022), warga di Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diwakili oleh masing – masing Kepala Kampung menyatakan sepakat untuk stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kesepatakan stop BABS itu disampaikan para Kepala Kampung tersebut dihadapan Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan yang dilaksanakan di kantor Camat Kendahe.

Hal itu ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan terhadap para Kepala Kampung tersebut oleh Pj Bupati yang didampingi Camat Kendahe Suharto Mandiri.

Tamuntuan dalam sambutannya meminta kepada para Kepala kampung dan Pemerintah Kecamatan Kendahe agar benar-benar melaksanakan sekaligus mengawal program tersebut supaya berjalan baik serta benar-benar dapat direalisasikan.

Dia juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas inisiatif serta respon positif dalam komitmen bersama. Karena hal itu sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Kendahe, termasuk menjadi salah satu syarat Kabupaten sehat.

“Deklarasi ini merupakan wujud pemberdayaan masyarakat kampung dengan kemandirian mampu merubah perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat yang awalnya BABS selanjutnya di jamban yang sehat,” tambah Dia.

Menurutnya hal itu merupakan bentuk komitmen tinggi masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan serta pola hidup serta bagian dari perwujudan meningkatkan taraf Kesehatan.

Tamuntuan juga berharap, komitmen tersebut tidak hanya sampai pada kegiatan deklarasi tetapi akan benar-benar dilaksanakan oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Kendahe.

Latest from Same Tags