Pemkot Tomohon Terus Sosialisasikan Pembumian Pancasila Terhadap Siswa

1 min read
pembumian pancasila tomohon
Sosialisasi Pembumian Pancasila di Tomohon, Jumat (9/12/2022). (foto pemkot)

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan sosialisasi Pembumian Pancasila bagi siswa SMP dan SMA di Emera Hills, Jumat (9/12/2022).

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tomohon Vonnie Montolalu ketika membaca sambutan Wali Kota mengatakan Pancasila merupakan konsensus nasional.

Hal itu juga telah disepakati sebagai ideologi bangsa. Apalagi saat ini menghadapi ujian dan tantangan dengan munculnya persoalan-persoalan yang berkembang terkait nilai Pancasila.

“Indikator dari masalah yang berkembang yakni Intoleransi berbasis agama, maraknya politik identitas, radikalisme dan esktrimisme, merosotnya moralitas publik, serta semakin banyak penyakit hoax dikalangan masyarakat,” kata terang Montolalu.

Selain itu terjadi pula kemunduran peradaban dimana globalisasi menjadi salah satu faktor terbesar yang semakin hari makin kompleks. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme sekaligus cinta terhadap tanah air.

Kepala Badan Kesbangpol Tomohon Stenly Mokorimban mengharapkan masyarakat lebih memahami nilai-nilai Pancasila karena merupakan ideologi bangsa yang lahir dari adat istiadat, kebudayaan dan agama.

“Nilai-nilai Pancasila memberikan landasan berpikir dan bertindak dengan memiliki empati serta tanggung jawab bersama,” tukas Mokorimban.

Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber mewakili Akademisi Boaz Wilar.

Latest from Same Tags