29 February 2024

/

Banjir dan Longsor Terjang Manado, 1 Warga Meninggal

1 min read
Banjir Longsor Manado
Tim Sar melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir pada salah satu wilayah di Kota Manado, Jumat (27/1/2023). (foto bnpb)

KANALMETRO, SULUT – Bencana alam berupa banjir dan tanah longsor kembali menerjang sejumlah wilayah di Kota Manado, Jumat (27/1/2023) pagi.

Bahkan akibat dari bencana banjir dan tanah longsor itu, dilaporkan sejumlah warga di Kota Manado ikut serta terdampak. Serta 1 orang diketahui meninggal dunia.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menjelaskan bahwa kejadian itu dikarenakan guyuran hujan lebat yang mengakibatkan debit air Sungai Tondano meluap.

Akibatnya banjir dibeberapa titik tidak dapat dihindari sehingga puluhan rumah terendam dengan ketinggian sekitar 80 hingga 300 centi meter (Cm).

“Wilayah yang terendam banjir terjadi yaitu Kecamatan Paal Dua, Tuminting, Sario, Wenang dan Singkil. Sedangkan tanah longsor di Kecamatan Paal Dua, Singkil, Tikala, Bunaken, Wanea dan Tuminting,” tandas Dia dalam keterangan pers.

Muhari menambahkan bahwa hingga siang hari, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lain masih melakukan upaya penanganan darurat seperti evakuasi dan penilaian kebutuhan.

“33 unit rumah warga terdampak tanah longsor. Tapi untuk data rinci soal kerusakan belum disampaikan BPBD. Namun untuk kebutuhan sementara warga terdampak antara lain matras, selimut, pakaian, family kits dan makanan siap saji,” tambahnya. (Fransiskus)

Latest from Same Tags