16 April 2024

/

Forum Komunikasi Anti Diskriminasi di Sulut Terbentuk

1 min read
Forum Komunikasi Anti Diskriminasi Sulut
Diskusi untuk menggagas pembentukan Forum Komunikasi Anti Diskriminasi Sulut, Selasa (31/1/2023). (foto satu hati sulut)

KANALMETRO, MANADO – Organisasi Satu Hati Sulawesi Utara (Sulut) menggagas pembentukan Forum Komunikasi Anti Diskriminasi (FOKAD) untuk melindungi kelompok rentan dari diskriminasi yang masih sering terjadi.

Pembentukan Forum Komunikasi Anti Diskriminasi itu terbentuk setelah sejumlah LSM dan organisasi sepakat usai pelaksanaan diskusi di kantor PKBI Sulut, Selasa (31/1/2023).

Selain itu Forum tersebut dibentuk dengan tujuan untuk bisa mendorong Manado menjadi Kota ramah Hak Asasi Manusia (HAM).

Billy dari komunitas Satu Hati Sulut mengatakan forum ini berkomitmen untuk melakukan pendampingan bagi kelompok rentan. Serta memberikan edukasi kepada seluruh pihak terkait dengan sikap diskriminatif yang sangat dilarang.

“Target utamanya adalah sama-sama mendapatkan pemahaman tentang bahaya perlakuan diskriminasi, terutama untuk kelompok rentan yang selama ini memang selalu menjadi target utama diskriminasi,” ujar Billy.

Pendeta Ruth Wangkai dari Peruati mengatakan penting untuk jejaring dalam menghadapi isu-isu diskriminasi, terutama untuk kaum rentan. Menurut Dia, forum ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk sama-sama saling membantu dan mendampingi korban kekerasan diskriminatif.

Senada dikatakan Nurhayati dari LSM Swara Parangpuan. Diakuinya, kaum rentan termasuk perempuan, seringkali menjadi sasaran utama tindakan diskriminatif di berbagai sektor.

“Tentunya sangat diharapkan jika forum ini bisa mencari formulasi agar tindakan-tindakan diskriminatif terutama di ruang-ruang publik bisa ditekan,” ujarnya.

Adapun organisasi yang tergabung dalam forum ini adalah, Satu Hati, LBH Manado, Sanubari, Warna, AJI Manado, MMC, Swara Parangpuan, Peruati, PMII Metro dan organisasi mahasiswa lainnya.

Latest from Same Tags