27 July 2024

/

Viral Dicurigai Pelaku Penculikan Anak di Tataaran Dua, Ternyata ODGJ

1 min read
Penculikan anak tataaran
Lelaki yang dicurigai sebagai pelaku penculikan anak di Tataaran Dua, medio Januari 2023. (foto polda sulut)

KANALMETRO, SULUT – Setelah sempat viral di Media Sosial (Medsos) karena dicurigai sebagai pelaku penculikan anak di Kelurahan Tataaran Dua, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa, media Januari 2023.

Ternyata lelaki berusia 52 tahun berasal dari Kwandang, Provinsi Gorontalo merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast menjelaskan bahwa lelaki itu sebelumnya diamankan warga di Lingkungan VIII, Kelurahan Tataaran Dua karena dicurigai sebagai terduga pelaku penculikan anak.

Bahkan ada warga yang merekam dan mengirimkan ke orang lain hingga viral di Medsos. Oleh karena itu orang tersebut diamankan petugas Bhabinkamtibmas setempat dan dijemput aparat kepolisian Polsek Tondano.

“Setelah dikroscek di Polsek Tondano ternyata orang itu berstatus ODDJ sehingga langsung di bawa ke Polres Minahasa selanjutnya dijemput pihak keluarga,” kata Kombes Jules Abraham Abast, Jumat (3/2/2023).

Dia menjelaskan juga bahwa setelah itu aparat Polsek Tondano meminta keterangan sejumlah warga yang diduga merekam dan ikut menyebarkan video tersebut.

“Bijaklah dalam menyikapi informasi atas suatu kejadian dan menggunakan Medsos. Namun tingkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” himbau Dia.

Selain itu warga diminta untuk tidak segan untuk menanyakan identitas maupun tujuan jika bertemu orang asing atau pendatang baru.

“Jangan sebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya,” tukas Dia. (Fransiskus)

Latest from Same Tags