20 April 2024

Tondano Dinobatkan Peraih Piala Adipura Kategori Kota Kecil

1 min read
Tondano Adipura
Bupati Minahasa menerima piala Adipura bagi Tondano sebagai kategori Kota Kecil, Selasa (28/2/2023). (foto pemkab minahasa)

KANALMETRO, MINAHASA – Tondano, Kabupaten Minahasa dinobatkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai salah satu piala Adipura dalam kategori Kota Kecil.

Penyerahan penghargaan Piala Adipura kepada Tondano sebagai Kota Kecil diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya kepada Bupati Minahasa, Royke O Roring (ROR) di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Bupati Minahasa menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, terlebih dalam pengelolaan sampah. Dan telah memiliki kesadaran bahwa sampah harus dikelolah dengan baik.

“Ini merupakan tantangan kedepan bagaimana mempertahankan Piala Adipura. Mari olah dan tidak buang sampah sembarangan agar tantangan ini bisa terjawab,” ajak Roring.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa, Vicky Kaloh menambahkan bahwa sebelumnya telah dilakukan penilaian oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak Oktober tahun 2022.

Dimana tim melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi seperti Kawasan permukiman, jalan, pasar, pertokoan serta perkantoran. Bukan saja itu ada juga terkait partisipasi dari berbagai pihak yang peduli terhadap kebersihan.

“Penilaian juga dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kulo yakni termasuk proses pengelolaan sampah disana,” tambah Dia sembari mengatakan bahwa keberdaan Taman God Bless sebagai ruang terbuka hijau serta sejumlah dokumen menjadi bagian dari penilaian.

Latest from Same Tags