20 May 2024

//

Kontribusi Alfamart dan Indomaret di Sulut Bagi PAD Dinilai Belum Nampak

1 min read
alfamart indomaret sulut
Salah satu toko ritel Alfamart dan Indomaret yang ada di Sulut, Selasa (14/3/2023). KM-Rio

KANALMETRO, SULUT – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Inggrid Sondakh mengatakan jika kontribusi toko ritel Alfamart dan Indomaret terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum bernampak secara nyata.

“Pantauan DPRD Sulut jika kontribusi Alfamart dan Indomaret untuk PAD hanya sekitar 1 sampai 5 persen dari keuntungan yang didapatkan,” kata politisi Partai Golkar ini, Senin (14/3/2023).

Sehingga Dia mengatakan jika hal itu sangat memperihatikan bagi kemajuan dan perkembangan ekonomi daerah.

“Memang benar ijin penerbitan dari Kabupaten/Kota, tapi Provinsi memiliki fungsi koordinasi dan wewenang serta kebijakan seperti apa yang nantinya bisa mendorong agar mereka betul – betul mematuhi Undang – undang,” kata Sondakh dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Sulut bersama Dinas Pangan Daerah serta Dinas Perindustrian Peradangan Daerah Provinsi Sulut.

“Apakah dampak yang mereka berikan sama atau ekuivalen dan kontribusi PAD dengan penerapan di Kabupaten/Kota,” tambah Wakil Ketua DPRD Sulut ini.

Karena menurut Dia, dampak yang diberikan hanya sebatas penyerapan Tenaha kerja. Dan itu berarti sama saja dengan yang dilakukan oleh ritel lokal.

Termasuk dipertanyakan soal dampak yang diberikan bagi para pengusaha kecil maupun UMKM di daerah.

Sehingga Dia menegaskan jika kontribusinya kecil, maka sebagai Pemerintah dan anggota DPRD harus memberikan sanksi tegas. (Rio)

Latest from Same Tags