14 June 2024

Serahkan Bantuan Bagi 9 KK Terdampak Bencana di Nusa Tabukan, Pj Bupati Sangihe: Semua Harus Tepat Sasaran

2 mins read
Bantuan Bencana Sangihe
Penyerahan bantuan bencana oleh Pj Bupati Sangihe di Nusa Tabukan, Kamis (16/3/2023). (foto pemkab)

KANALMETRO, SANGIHE – Kamis (16/3/2023), Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menyerahkan bantuan bagi 9 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Nanedakele, Kecamatan Nusa Tabukan yang terdampak bencana alam.

Bantuan yang diberikan kepada warga bencana alam gelombang pasang di wilayah Nusa Tabukan yakni Kebutuhan Pokok, kursi roda, terpal, matras, selimut, dan geobag.

“Kita semua tidak menginginkan bencana ini. Namun kalau sudah terjadi pemerintah juga hadir bersama-sama, seperti membawa bantuan ketika dalam keadaan darurat,” kata dr Rinny Tamuntuan.

Dia menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan itu berasal dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setelah sebelumnya telah dilaporkan kepada Pemerintah Provinsi Sulut.

Apalagi menurut Tamuntuan jika Pemerintah Pusat memiliki program rumah sederhana terpadu untuk korban bencana alam yang mengalami kerusakan parah. Dan hal itu semua tinggal tunggu proses.

“Jika terjadi bencana alam, Kapitalaung agar segera mendata keluarga yang terkena dampak bencana. Karena semua pemberian bantuan harus tepat sasaran,” tegas Dia.

Tamuntuan juga mengajak masyarakat yang belum mempunyai BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, terlebih khusus perangkat kampung agar segera mengurusnya karena nantinya akan sangat membantu.

“Kalau sudah tak sanggup membayar secara mandiri, nanti bisa dianggarkan lewat tanggungan dari pemerintah,” tambah Dia.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wandu Labesi menjelaskan jika 9 KK penerima bantuan itu adalah yang terdampak bencana alam pada 11 Januari 2023.

Dimana bantuan yang diserahkan saat ini adalah senilai Rp 250 Juta. Sehingga diharapkan masyarakat agar terus mendukung berbagai program Pemkab Kepulauan Sangihe, termasuk menyelesaikan persoalan bencana alam.

Latest from Same Tags