29 March 2024

Pemkot Tomohon Optimis Raih Opini WTP Ke 10 dari BPK

1 min read
Gerardus Mogi
Kepala BPKPD Tomohon, Gerardus Mogi, Senin (20/3/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon optimis jika tahun 2023 ini bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 10 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulut.

“Yakin dan optimis tahun ini bisa meraih kembali opini WTP atas pengelolaan keuangan daerah Pemkot Tomohon tahun 2022,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Tomohon, Gerardus Mogi, Senin (20/3/2023).

Dia mengaku yakin setelah berkaca dari proses yang telah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Ketika awal memasukan laporan keuangan unaudited, Tomohon menjadi satu dari 4 Kabupaten /Kota di Sulut yang pertama memasukannya. Dari pengalaman tahun sebelum, momentum awalnya seperti ini,” kata Mogi.

Apalagi menurut Dia jika terdapat sejumlah tahapan yang berhasil pihaknya maksimalkan dalam menyusun laporan keuangan.

“Ada kisaran 66 rumus dari BPK, kita hanya mengisinya, sehingga prosedur analisis sekira 95 persen sudah bisa kita jelaskan,” tambah Dia.

Sehingga Mogi pun berkeyakinan jika WTP ke 10 bisa diraih oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Caroll Senduk – Wenny Lumentut (CSWL) di tahun 2023.

Kesempatan itu juga Dia menjabarkan sejumlah torehan hebat yang telah direalisasikan oleh pemerintahan CSWL. Termasuk pemberitahuan terkait proses pemeriksaan BPK beberapa hari kedepan akan segera berakhir.

Latest from Same Tags