15 July 2024

Musrenbang RKPD Tahun 2024 Pemkab Minahasa Digelar

1 min read
Musrenbang RKPD 2024 Minahasa
Musrenbang RKPD 2024 Pemkab Minahasa, Kamis (30/3/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Kamis (30/3/2023), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Musrenbang RKPD tahun 2024 Pemkab Minahasa yang digelar di Moy Convention Center mengangkat tema Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pemberdayaan Masyarakat, Perluasan Akses Pelayanan Dasar, serta Suksesnya Pemilu.

“Musrenbang ini digelar untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari Stakeholders dalam rangka penajaman, penyelarasan serta penyempurnaan

kerangka regulasi dan anggaran. Terlebih yang akan dituangkan dalam RKPD tahun 2024 untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan penyusunan KUA/PPAS dan Rancangan APBD 2024,” kata Bupati Minahasa, Royke O Roring ketika membuka kegiatan tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa meski kemampuan keuangan daerah yang terbatas, tetapi guna memenuhi prinsip anggaran berbasis program prioritas. Maka penyusunan RKPD tahun 2024 akan lebih difokuskan pada pemenuhan target kinerja kegiatan.

Hal itu tentunya terkait dengan prioritas nasional, provinsi dan daerah sehingga akan memberikan daya ungkit yang berdampak.

Sementara Kepala Bappelitbangda Kabupaten Minahasa menjelaskan bahwa dalam penyusunan RKPD akan dilakukan beberapa tahapan. Dan nanti tahapan penginputan rencana program dan kegiatan dilaksanakan melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang proses pengusulannya dilaksanakan secara online dengan menggunakan akun masyarakat dan akun desa/kelurahan.

Latest from Same Tags