24 February 2024

Irup Harla Pancasila, Tamuntuan Sampaikan Pesan Presiden Jokowi

1 min read
Harla Pancasila di Sangihe

KANALMETRO, SANGIHE – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di lapangan Gelora Santiago.

Bertindak selaku Inspektur upacara (Irup), Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan, yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Presiden RI Ir Jokowidodo.

Dihadapan peserta upacara yang terdiri dari ASN Pemkab Sangihe Tamuntuan membacakan isi sambutan dari Presiden dimana Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar pandangan hidup bangsa, dasar negara, idiologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan idiologi negara merupakan meja statis, yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai bintang penuntun, yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan sesuai dengan cita-cita pendirian negara,mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat dan makmur.

Bagian lain sambutan Presiden juga menegaskan Pancasila mengandung nilai-nilai efis yang berakar, pada pengalaman faktual dan pengalaman akal, serta pengalaman relegius bangsa Indonesia, dengan demikian pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

“Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati,” ujar Rinny.

Lanjut dikatakan, berkat Pancasila dengan nilai-nilai inclusifitas, toleransi dan gotong royong dan keberagaman yang ada, menjadi berkah yang dirajud dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika.

Latest from Same Tags