23 July 2024

Suasana Hangat Penuh Keakraban Dipisah Sambut Pastor Paroki Maria Ratu Damai Tomohon

4 mins read
Pastor Paroki Maria Ratu Damai Tomohon
Pastor Berty Tijow MSC menyerahkan sejumlah berkas administasi kepada pastor Benny Pangkey MSC selaku pastor Paroki Maria Ratu Damai Tomohon yang baru, Minggu (25/6/2023). (foto: komsos paroki mrd)

KANALMETRO, TOMOHON – Suasana hangat penuh keakraban tersaji saat momen pisah sambut pastor paroki Maria Ratu Damai Tomohon. Diawali dengan misa syukur inkukturasi yang dibawakan dengan bahasa Tombulu, pada Minggu (25/6/2023). Yang dipimpin oleh Pastor Paroki yang lama Berty Tijow MSC bersama Pastor baru Benedictus Pangkey MSC didampingi Pastor Vikaris Episkopalis Kevikepan Tomohon Albertus Imbar Pr, Pastor Harrry Singkoh MSC selaku Direktur Musica Sacra Keuskupan Tomohon serta Pastor Jack Marciano Tamboto, MSC dari Seminari Kakaskasen.

Diakhir Perayaan Misa kemudian, Pastor Albertus Imbar, Pr. membacakan Durat Keputsuan Uskup, Keuskupan Manado yg menempatkan Pastor Benedictus Pangkey MSC  sebagai Pastor Paroki Maria Ratu Damai Tomohon yang baru menggantikan Pastor Stefanus Berty Tijow MSC yang akan pindah tugas menggembalakan umat di Paroki St. Christoforus – Grogol di Keuskupan Agung Jakarta.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Liber Babtissimorum (Buku Pembabtisan) dan tercatat umat yang dibabtis terakhir setelah Maria Ratu Damai menjadi Paroki definitif pada tahun 2006 yang lalu, sebanyak 849 orang.

Selain Buku Babtisan juga diserahkan Laporan Keuangan termasuk Asset Paroki sebagai Lampiran dalam Memori Serah Terima ini yang disaksikan langsung oleh Pastor Vicaris Episcopalis Tomohon.

Setelah penandatangan semua dokumen serah-terina ini dengan demikian, Pastor Benny Pangkey MSC (demikian sapaan akrab Pastor Bemedictus Pangkey MSC) resmi menjadi Pastor Paroki yang ke-6 di Paroki Maria Ratu Damai.

Dalam sambutannya, Pastor Berty Imbar Pr. mewakili Uskup Manado mengucapkan terima kasih kepada Pastor Berty Tijow, MSC yang keseluruhan hidiupnya di Paroki ini dipenuhi dengan kegiatan rohani di tengah umat.

“Sering dalam rapat-rapat Pastores Kevikepan Tomohon, Pastor Berty tidak bisa sampai malam hari karena ada jadwal pelayanan Misa Kunjungan ke umat Basis di Wilayah Rohani atau kelompok kategorial, dan lain-lain,” jelas Pastor Berty Imbar.

Dalam kurun kurang lebih 2 tahun 1 bulan bertugas di di sini, harus minta maaf karena belum sempat melakukan kunjungan pribadi dari rumah ke rumah di 24 Wilayah Rohani di sini.

“Karena itu kemudian pendekatan yang saya lakukan adalah dengan berkunjung dimana ada kegiatan-kegiatan umat baik suka maupun duka selain kunjungan Misa yang terjadwal di semua Wilayah Rohani serta Misa-misa selama bulan Rosario dan bulan Maria,” lanjutnya.

Sebenarmya telah merencanakan untuk dapat berkunjung ke tiap rumah di tahun ke-3 masa pelayanan di sini namun ternyata sudah harus pindah ke daerah lain sehingga hal itu tidak sempat dilakukan.

Tentu 2 tahun lebih 1 bulan adalah waktu yang pendek bagi saya yang ketika 2 tahun lalu masul ke Paroki ini sebagai Pastor yang baru pertama kali menjadi Pastor Paroki karena sejak tahbisan menjadi Pastor, saya belum pernah ditugaskan sebagai Pastor Paroki dan baru di Paroki Maria Ratu Damai inilah tempar saya belajar menjadi Pastor Paroki,” tukasnya membawakan kata-kata perpisahan.

Sementara itu, Pastor Benny Pangkey MSC sebagai Pastor Paroki yang baru mengapresiasi apa yang telah dibuat oleh Pastor Berty Tijow MSC di Paroki ini sebagai sesuatu yang menginspirasi dan juga teladan yang bisa terus dilanjutkan ke depan.

“Ini adalah Paroki yang ke-6 dimana saya ditugaskan setelah selama 32 tahun menjadi Pastor, saya ditugaskan di Irian kala itu kemudian pindah ke Sulubombong, Palu, Makassar, balik ke Manado di Paroki Ratu Rosari Tuminting dan sekarang di sini di Paroki ini. Apa yang telah Pastor Berty Tijow bangun di sini tentu sangat membantu saya ke depan  untuk melayani umat di sini meletakkan dasar yg kuat terutama pada hal inkulturasi yang mungkin bisa terus dikembangkan dengan penyempurnaan di sana sini,”  jelas Pastor Benny sapaan akrab pastor ParoliRD yang baru.

Dalam acara kekeluargaan diatur sedemikian rupa mulai penampilan potensi kreativitas yang dimiliki umat paroki MRD, juga satu persatu wilayah rohani memberikan salam perpisahan dengan Pastor Berty Tijow. Tidak lupa juga pengenalan singkat dari tiap-tiap wilayah rohani kepada Pastor Benny Pangkey yang akan memulai tugas baru memimpin Paroki MRD.

Latest from Same Tags