20 July 2024

Sebut Tak Cacat Aturan, Ini Alasan Fraksi PDIP Tak Hadir Hingga Rapat Paripurna DPRD Tomohon Soal Perubahan AKD Batal

1 min read
Ketua Fraksi PDIP DPRD Tomohon, Noldie Lengkong. KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Fraksi PDIP menyampaikan alasan kenapa tak hadir hingga Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon soal perubahan Alat Kelengkapan DPRD (AKD), Rabu (5/7/2023) pukul 12.00 WITA batal dilaksanakan.

“Sesuai agenda ada dua paripurna, yang pertama tentang rapat paripurna internal dalam rangka perubahan AKD jam 12:00 dan Paripurna tentang  Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 pada pukul 13.00,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Tomohon, Noldie Lengkong.

Dia menjelaskan ketidakhadiran Fraksi dikarenakan menolak paripurna pertama tentang perubahan AKD yang tidak cacat aturan. Karena Sesuai ketentuan dalam pasal 100 tatib DPRD yang kami baca dan pahami, aturannya kalaupun tidak kuorum rapat harus skors dan ditunda paling banyak dua kali dengan tenggang waktu masing-masing tidak lebih dari satu jam.

Lanjutnya lagi, menegaskan berarti rapat paripurnanya dibuka terlebih dahulu, apabila tidak kuorum barub diambil skors.

 “Apabila kuorum juga tidak terpenuhi rapat paripurna ditunda paling lama tiga hari atau sampai waktu ditentukan kembali lewat badan musyawarah. Disini kami tegaskan kalau kami tahu rapat paripurna dibuka tentang pertanggungjawaban APBD, pasti Fraksi PDIP hadir. Jadi rapat paripurna dapat dikatakan batal atau ditunda jika memenuhi ketentuan itu. Tapi ini rapat tidak dibuka sama sekali, ini yang kami sampaikan hanya berdasarkan aturan yang ada saja,” singgung Lengkong.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Sekretaris Fraksi PDI P Tomohon Hudson Bogia mengakui terkait ketidakhadiran pihaknya dalam paripurna DPRD Tentang perubahan AKD. Karena menurut Bogia dalam aturan perubahan dapat dilakukan setelah masa keanggotaannya paling singkat satu tahun.

Latest from Same Tags