18 July 2024

/

KUSTOMAIN Tahun 2023 Siap Digelar

3 mins read
KUSTOMAIN 2023
KUSTOMAIN tahun 2023 (foto: dok panitia)

KANALMETRO, MANADO – Gerakan Kustom Kulture Manado atau KUSTOMAIN di tahun 2023 ini siap digelar di lapangan parkir Kawasan Megamas, Sabtu (22/7/2023).

KUSTOMAIN 2023 ini merupakan tahun kelima, dan mengangkat tema Unity sebagai pesan kepada seluruh orang bahwa persatuan adalah hal yang harus diutamakan. Sehingga diharapkan pesan itu dapat tersampaikan dengan baik, agar setiap komunitas bisa saling mendukung dan menopang.

Cristo Putra selaku Director KUSTOMAIN mengatakan akan terus melahirkan karya-karya baru pada setiap tahun pelaksanaan iven tersebut. Terlebih memperlihatkan bahwa bukan hanya sekedar menyelenggarakan iven. Melainkan mencoba setiap konten dan layout acara mempunyai nyawa berkesinambungan satu sama lain.

“Pastinya akan ada pesan-pesan yang disampaikan. Jadi kami bukan hanya sekedar membuat iven, tapi gelaran yang ketika orang keluar dan pulang akan mendapatkan insight dan pemikiran baru,” tambah Dia, Senin (17/7/2023).

Dia menambahkan bahwa karya yang hadir dan lahir di KUSTOMAIN nantinya diharapkan akan mempunyai nilai. Nantinya nilai itu lahir dan hadir atas dasar pemikiran-pemikiran dari para insan kreatif, yang sekiranya dapat diapresiasi bersama.

“Ini panggung kita, tempat dimana bisa berkarya dan bereksplorasi bersama,” tambah lelaki yang akrab disapa Ito.

Selain itu Dia mengatakan bahwa KUSTOMAIN akan terus hadir di Kota Manado setiap tahun sebagai gelaran iven tahunan. Dengan harapan masyarakat Kota Manado nantinya bisa sadar dan lebih bisa berkarya dalam setiap proses-proses yang telah dilakukan. Karena karya baik adalah yang sudah melalui setiap proses sulit.

Sementara itu Wakil Wali Kota Manado, Richard Sualang merespon dengan baik gelaran KUSTOMAIN tersebut. Dia pun mengapresiasi atas kreativitas lokal warga Manado yang dalam hal ini diinisiasi oleh KUSTOMAIN. Sebab saling support dan respek terhadap sesama merupakan kunci terpenting dari lahirnya karya-karya yang baik dan berkualitas.

Richard Sualang juga berharap melalui kegiatan ini sektor UMKM serta Pariwisata di Kota Manado dapat berkembang dengan pesat. Apalagi menurut Dia hubungan yang saling membutuhkan antara UMKM dan pengembangan sektor pariwisata. Karena kegiatan UMKM dapat mendukung sektor pariwisata dalam hal layanan dan produk kepada wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Esther Mamangkey juga menyatakan dukungannya dan siap membantu terlaksananya KUSTOMAIN ke V ini.

Sekedar diketahui bahwa KUSTOMAIN merupakan sebuah ruang berkarya bersama serta pusat panggung ekspresi dan apresiasi kreatifitas Kustom Kulture yang dikemas dalam sebuah gelaran festival karya seni Kustom yang terdiri atas Kustom dan Vintage Motorcycle Exhibition, Vintage Car Exhibition, Artwork Show, Entertaiment Stage Perform, dan Tenant Booth.

Bisa dikatakan ini adalah sebuah pergerakan kustom kulture yang lahir di Kota Manado, Sulawesi Utara sebagai sebuah pergerakan yang mendukung setiap ide dan kreativitas agar Ekosistem Festival Kreatif Kota Manado menjadi sehat dan berkesinambungan.

Latest from Same Tags