20 July 2024

Warga Minahasa Dihimbau Waspada Potensi Fenomena El Nino

1 min read
El Nino Minahasa
Bupati Minahasa, Royke O Roring (foto pemkab)

KANALMETRO, MINAHASA – Seluruh warga di Kabupaten Minahasa dihimbau untuk kiranya dapat waspada dengan potensi fenomena El Nino.

“Mari kita semua waspada dengan fenomena El Nino yang bisa berdampak pada banyak hal seperti kebakaran hutan dan lahan,” kata Bupati Minahasa, Royke O Roring (ROR), Senin (7/8/2023).

Oleh karena itu Bupati meminta kepada seluruh warga Minahasa untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Serta tidak melakukan pembakaran hutan yang bisa berpotensi terjadi kebakaran.

Dia juga mengatakan bahwa kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa tengah menseriusi akan hal tersebut. Dimana instansi terkait, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kini sedang dalam posisi siaga akan ancaman tersebut.

Bukan saja itu, dalam waktu dekat ini rencananya Pemkab Minahasa akan melakukan pembahasa secara serius akan hal itu.

Sekedar diketahui, El Nino adalah sebuah fenomena cuaca \terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik tengah dan timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya.

Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global yang berdampak signifikan pada iklim diberbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia khususnya di kabupaten Minahasa.

Latest from Same Tags