23 June 2024

/

Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Kelurahan Kakaskasen Dua Tomohon Jadi Desa Wisata

1 min read
Sandiaga Uno Kakaskasen Dua
Sandiaga Uno melihat pembuatan kue Cucur usai peresmian Kelurahan Kakaskasen Dua sebagai Desa Wisata, Selasa (8/8/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno kagum akan potensi alam yang dimiliki oleh Desa Wisata Kakaskasen Dua, Kota Tomohon.

Kekaguman Sandiaga Uno akan berbagai potensi alam itu disampaikannya ketika usai menandatangani prasasti peresmian Kelurahan Kakaskasen Dua sebagai desa wisata, Selasa (8/8/2023).

“Tomohon memiliki daya tarik alam berupa udara sejuk dan pemandangan serta produk UMKM seperti beragam jajanan khas juga ekonomi kreatif. Ini saya menjadi salah satu faktor sehingga kelurahan ini masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI),” kata Dia.

Oleh karena itu Dia mengatakan jika pihaknya juga mendorong agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bisa meningkatkan kinerjanya sehingga bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan.

Apalagi setiap tahun Indonesia mengusulkan delapan desa wisata untuk tingkat dunia sebagai best tourism village atau desa wisata terbaik. Sehingga diharapkan pula Kakaskasen Dua bisa masuk dalam pengusulan agar semakin membuka kunjungan wisatawan asing.

Dalam kunjungan yang didampingi Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk, Sandiaga Uno disambut dengan berbagai seni budaya setempat. Termasuk memberikan sumbangan laptop dan mesin cetak foto untuk keperluan Kelurahan Kakaskasen Dua menjadi desa wisata.

Latest from Same Tags