29 May 2024

/

Promosi Pariwisata dan Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Tomohon Lewat TIFF 2023

2 mins read
Float Minahasa TIFF 2023
Float Kabupaten Minahasa sebagai salah satu peserta dalam ToF TIFF 2023, Sabtu (12/8/2023). KM-Wailan

Memasuki awal bulan Agustus tahun 2023, Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai disibukkan dengan berbagai iven serta persiapan pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Dimana TIFF merupakan salah satu agenda pariwisata milik dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon yang telah masuk dalam Kharisma Event Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Iven pariwisata itu pertama dilaksanakan pada tahun 2008 dengan menggunakan Tournament Of Flower (TOF). Seiiring berjalan Pemkot selanjutnya merubah mengganti TIFF.

Sebagai agenda Pariwisata, TIFF dibuat bukan hanya sedekar untuk ajang promosi Tomohon yang dikenal dengan Kota Bunga. Melainkan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menumbukan ekonomi masyarakat setempat.

Tentu dengan berbagai iven yang dilaksanakan dalam TIFF, terlebih pada puncaknya TOF karena masyarakat disajikan pawai kendaraan berhiaskan bunga serta carnival. Hal itu membuat banyak orang ingin melihatnya sehingga membuka peluang untuk mempromosikan Kota Tomohon, termasuk berbagai potensi yang dimilikinya.

Namun disisi lain dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat, Pemerintah selaku pelaksana melibatkan Kelompok Tani setempat membeli bunga lokal untuk digunakan dalam berbagai iven di TIFF 2023.

Tetapi diharapkan pula jika dalam berbagai iven lainnya, masyarakat yang bukan tani bisa juga turut merasakan dampak ekonomi secara langsung atas agenda pariwisata berbandrol miliaran rupiah itu.

Harapan kedepan dari semua pihak, terlebih masyarakat setempat kiranya Pemkot bisa terbuka dengan dampak langsung didapati akan pelaksanaan TIFF 2023.

Terlebih pula dalam bidang pariwisata dan ekonomi. Agar nantinya hal itu bisa menjadi evaluasi bersama publik apakah agenda pariwisata tersebut masih layak dan pantas dilaksanakan di tahun – tahun mendatang.