14 June 2024

/

Lansia Kevikepan Tomohon Maknai Hari Kemerdekaan RI Lewat Upacara Bendera

2 mins read
Lansia Tomohon Upacara Bendera
Pastor Glen Woi Pr sebagai pembina upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI oleh Lansia Kevikepan Tomohon, Kamis (15/8/2023). (foto: tangkapan layar komsos KM)

KANALMETRO, TOMOHON – Bertempat di halaman Gereja Katolik Trinitas Mahakudus Paslaten, kelompok Lansia Kevikepan Tomohon mengadakan upacara bendera, Kamis (17/8/2023).

Upacara bendera yang dilaksanakan oleh Lansia Kevikepan Tomohon dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78. Pastor Glen Woi Pr selaku moderator Lansia Kevikepan Tomohon bertindak sebagai Pembina upacara.

“Sebagai orang tua, kitanya semua mau beri teladan kepada yang lebih muda supaya sungguh memberikan penghormatan bagi para pejuang maupun untuk bangsa dan negara,” kata Pastor Glen dalam amanatnya.

Dia juga mengatakan, meski pelaksanaannya hanya dilaksanakan secara sederhana. Namun kiranya hal itu menjadi bentuk teladan untuk mengisi kemerdekaan. Dan tentunya pula lewat peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Marilah juga kita maknai pesan Yesus soal bagaimana memberikan hak Tuhan Allah dan kaisar,” tambah Dia.

Sebagai wujudnya adalah dengan memiliki sikap menghargai kepada pemerintah, baik ditingkatan bawah maupun atas. Apalagi yang ada dibawah seperti Pala karena mereka langsung berhadapan dengan masyarakat.

Maka perlu diberikan penghormatan, dukungan dan dorongan agar sungguh memberikan perhatian kepada anggota masyarakatnya.

“Apa yang menjadi hak Tuhan Allah. Yakni dengan memuliakanNya lewat tindakan dan perbuatan kasih,” jelas Dia.

Selain itu Pastor Glen juga mengatakan bahwa kiranya dapat memaknai pula apa arti dari Merdeka. Yakni hidup dalam kebebasan, namun bukan sebebas – bebasnya. Melainkan bebas untuk berbuat baik dan benar sesuai peran serta perutusan masing – masing sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Sementara dalam upacara tersebut selain para Lansia pada delapan Paroki di Tomohon. Diikuti pula oleh anggota Legio Christi Paroki Trinitas Mahakudus Paslaten maupun sejumlah umat.

Latest from Same Tags