23 July 2024

18 Trainer Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat Dibekali Lewat ToT

1 min read
Pembukaan ToT, 7 Agustus 2023

KANALMETRO, MANADO – Setidaknya 18 Trainer berasal dari sejumlah Kabupaten dan Kota di Regional Manajemen Consultant (RMC) wilayah 3 dibekali soal fasilitasi penguatan ketangguhan masyarakat lewat Training of Trainer (ToT) di Kota Manado, 7 – 15 Agustus 2023.

ToT yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan PT Prismaita Cipta Kreasi melalui Wilayah 3 dibuka langsung oleh Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi.

Dia mengatakan tujuan dari ToT itu untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan fasilitator kabupaten/kota dalam melakukan pendampingan dalam fasilitasi  membangun ketangguhan masyarakat terhadap bencana atau pengurangan risiko bencana di Desa /Kelurahan Intevensi Program IDRIP di wilayah-3 melalui skema dukungan The World Bank.

Selain itu diharapkan mampu membangun kerjasama multi pihak mulai dari tingkat Desa sampai ditingkat Kabupaten /Kota untuk pengelolaan pengurangan risiko bencana kepada pengambil kebijakan di daerah.

ToT itu juga melibatkan fasilitator Nasional, Eko Teguh Paripurno selaku pakar Mitigasi dan Sigit Purwanto dari Pusat Studi Manajemen Bencana (PSMB) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Latest from Same Tags