29 May 2024

BPBD Minahasa Gelar Pelatihan dan Sosialisasi di Tombasian Atas

1 min read
BPBD Minahasa
Warga di Tombasian Atas dilatih dan sosialisasikan terkait mitigasi bencana oleh BPBD Minahasa, Kamis (7/9/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Kamis (7/9/2023), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa melaksanakan pelatihan dan sosialisasi di Desa Tombasian Atas, Kecamatan Kawangkoan Barat.

Pelatihan dan Sosialisasi itu dilaksanakan oleh BPBD Minahasa sebagai upaya pencegahan atas cuaca ekstrim yang belakangan terjadi, terlebih panas berkepanjangan. Sosialisasi serta pelatihan dilaksanakan berupa pencegahan dan pengembangan mitigasi bencana.

Merel Sumarauw, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Minahasa mengatakan jika daerah ini termasuk wilayah yang rawan akan bencana. Seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, gelombang tinggi, erupsi gunung berapi serta kebakaran hutan dan lahan.

“Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana. Terlebih bagaimana melakukan pencegahan dan penanganan ketika menghadapi situasi bencana yang bisa terjadi kapan saja,” jelas Dia.

Salah satu materi yang diberikan dalam pelatihan yakni bagaimana melakukan penyelamatan korban disaat terjadi bencana. Serta memberikan infomasi terkait lokasi rawan dan potensi bencana yang bisa terjadi di Kabupaten Minahasa.

Latest from Same Tags