22 July 2024

Ormas Manguni Indonesia Bantah Dukung Bakal Capres

2 mins read
Roger Koraag
Ketua Manguni Indonesia, Roger Koraag (foto: dok pribadi)

KANALMETRO, MINAHASA – Ormas Manguni Indonesia dengan tegas membantah jika organisasi tersebut memberikan dukungan terhadap salah satu bakal Calon Presiden (Capres) Republik Indonesia.

“Nama organisasi kami hanya dicatut mendukung salah satu bakal Capres dan beredar di Media Sosial (Medsos),” tegas Ketua Ormas Manguni Indonesia, Roger Koraag, Sabtu (16/9/2023).

Bahkan Dia menegaskan jika tidak pernah mengarahkan anggotanya untuk mendukung salah satu bakal Capres. Karena Ormas Manguni Indonesia merupakan organisasi yang independen, bermartabat dan humanis serta tidak terlibat dalam politik praktis.

Oleh karena itu Dia meminta kepada oknum – oknum yang mencatut nama Manguni Indonesia untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut. Caranya dengan cara membuat klarifikasi atas pernyataan itu.

Sementara itu, Ketua DPW Manguni Indonesia Sulut, Jhon Hes Sumual mengaku tidak memberikan arahan ataupun pernyataan resmi soal ormas Manguni Indonesia mendukung salah satu capres.

“Tidak ada pernyataan resmi atas nama organisasi maupun pengurus Manguni Indonesia Sulawesi Utara menyangkut dukungan terhadap peserta pemilu. Baik itu di pilpres maupun pileg,” tegasnya.

Dia pun menekankan bahwa, kalau hanya dukungan secara pribadi, hal itu pasti ada. Karena sudah menjadi hak sebagai warga negara untuk memberikan dukungan. 

“Dukungan pribadi jelas ada. Tapi secara organisasi, itu tidak ada pernyataan resmi,” tandasnya.

Disebutkannya, dalam ormas Manguni Indonesia itu, pengurus maupun anggota punya pilihan masing-masing secara pribadi.

“Dan bukan mengatasnamakan organisasi. Jadi sekali lagi, tidak ada menyatakan secara organisasi bahwa Manguni Indonesia mendukung salah satu capres. Itu tidak ada,” tegasnya.

Dirinya pun memastikan bahwa tidak ada pengurus ataupun anggota Manguni Indonesia secara organisasi yang hadir dalam pertemuan beberapa ormas yang menyatakan dukungan.

“Kalau pernyataan resmi dan sah seyogyanya itu dilengkapi data dan di tandatangani,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, dalam video itu, nampak seseorang membacakan nama-nama ormas di Sulut yang mendukung salah satu bakal capres. Di dalamnya juga disebutkan Manguni Indonesia.

Latest from Same Tags