20 July 2024

Deklarasi Damai dan Simulasi Sispamkot Amankan Pemilu 2024 di Tomohon

2 mins read
Deklarasi Pemilu Damai Tomohon
Unsur Pemerintah, Penyelenggara Pemilu dan Partai Politik di Tomohon usai menandatangani deklarasi damai Pemilu 2024, Jumat (22/9/2023). (foto: pemkot tomohon)

KANALMETRO, TOMOHON – Jumat (22/9/2023) dilaksanakan deklarasi damai dan simulasi Sispamkot untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di Kota Tomohon.

Deklarasi damai yang digelar di lapangan olahraga Kelurahan Wailan, Tomohon Utara sebagai langkah strategis untuk membangun komitmen bersama dalam menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilu 2024 di Kota Tomohon.

Hal itu ditandai dengan penandatangan deklarasi damai oleh Wali Kota, unsur Forkopimda dan Partai Politik di Kota Tomohon.

“Pentingnya deklarasi damai ini sebagai momentum tepat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif dalam Pemilu mendatang. Kesiapsiagaan semua pihak termasuk keamanan merupakan komponen penting dalam suksesnya Pemilu,” kata Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk.

Sedangkan Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Tutu SIK menegaskan bahwa kebersamaan dan sinergitas antara semua pihak, termasuk TNI, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kejaksaan Negeri (Kejari) Pengadilan Negeri, dan pemangku kepentingan lainnya adalah pondasi yang kuat dalam mengawal Pemilu demokratis serta aman. Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga persaudaraan ditengah perbedaan pilihan.

“Apresiasi kepada Polres Tomohon, dan kiranya semua pihak dapat terus bersinergi demi kesuksesan Pemilu 2024. Komitmen untuk Pemilu yang damai diharapkan berkelanjutan,” kata Ketua KPU Tomohon, Albertien Pijoh.

Sementara Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly Kowaas berharap Tomohon bisa menjadi contoh dalam penyelenggaraan Pemilu yang baik. Oleh karena itu Dia mengimbau agar Partai Politik dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan memberikan edukasi yang baik kepada publik. Dan itu terus berlangsung guna memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar.

Selain deklarasi, dilaksanakan pula simulasi Sispamkota untuk pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 di Kota Tomohon.

Latest from Same Tags