24 February 2024

Polresta Manado Gelar Deklarasi Damai dan Simulasi Sispamkot Pemilu 2024

2 mins read
Sispamkota Polresta Manado
Foto bersama usai deklarasi damai dan simulasi Sispamkota dalam rangka Pemilu 2024 oleh Polresta Manado, Jumat (29/9/2023)

KANALMETRO, MANADO – Jumat 29 September 2023, Polresta Manado mengelar deklarasi damai dan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Kawasan Megamas Manado, melibatkan personel dari Polresta serta Satuan Brimob Polda Sulut. Dalam simulasi Sispamkota ini digambarkan situasi kontijensi yang diasumsikan terjadi aksi unjuk rasa anarkis di kantor KPU  Manado.

Kapolresta Manado, Kombes Pol Julianto P Siriat SIK mengajak seluruh peserta deklarasi untuk menyambut Pemilu dengan penuh kehangatan dalam memilih pemimpin negara ini yang akan membawa Bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera.

“Simulasi ini menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi dapat segera diantisipasi secara bersinergi oleh Polri bersama instansi terkait pemerintah daerah, dengan cepat dan tepat,” kata Kapolresta Manado.

Waka Polda Sulut, Brigjen Pol Jan de Fretes dalam sambutannya mengatakan Kita semua adalah saudara dalam ikatan kesatuan Bangsa Indonesia. Untuk itu Pemilu jangan memecah belah, jangan karena pesta demokrasi lantas saling menjelek-jelekan saudara atau menyebar hoax.

Dia juga mengatakan bahwa pengamanan Pemilu 2024, pihaknya telah bersinergi bersama TNI, KPU, Bawaslu, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta stakeholders lainnya. Dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin terlaksananya pemilu yang aman, tertib dan sehat.

“Semoga penyelenggaraan Pemilu 2024 membawa kemajuan bagi bangsa dan negara kita. Jangan karena perbedaan pilihan, rusak persaudaraan. Pilihan boleh berbeda, kota ini kita jaga dan bangun bersama,” pungkasnya.

Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang mengapresiasi atas hal itu, karena menurutnnya telah membuat langkah maju dalam rangka untuk mensukseskan pesta demokrasi di tahun 2024.

“Tentunya kita sebagai stakeholder penyelenggara sangat-sangat membutuhkan apa yang menjadi kebutuhan, lewat kemitraan dengan Polresta Manado. Sehingga deklarasi damai dan Sispamkota merupakan satu bentuk jaminan keamanan bagi masyarakat yang Kota Manado,” tambah Dia.

Ferley Kaparang juga menambahkan bahwa hal ini juga sebagai bukti jika Polresta Manado serius dalam melakukan pengamanan Pemilu 2024. Namun harapannya pelaksanaan Pemilu di Kota Manado bisa berjalan baik dan lancar.

Latest from Same Tags