22 July 2024

81 Kasus Virus ASF Terjadi di Sangihe Hingga Agustus 2023

1 min read
Demam Babi Afrika
Dinas Pertanian Sangihe mencatat ada 81 kasus virus ASF yang terjadi hingga Agutus 2023. Foto ilustrasi (Pexels)

KANALMETRO, SANGIHE – Hingga bulan Agustus tahun 2023, tercatat ada 81 kasus virus African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Data kasus Virus ASF itu berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang juga mencatat bahwa jumlah itu pula merupakan angka kematian babi. Namun setelah bulan Agustus, tidak ada lagi laporan terjadinya kematian babi karena terserang virus tersebut.

“Sudah tidak ada lagi laporan kasus meski kami masih melakukan pendataan dan tindakan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan hingga akhir September,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe, Golfried Pella, Sabtu 21 Oktober 2023.

Dia juga menghimbau kepada seluruh peternak babi agar kiranya dapat menunda rencana melakukan peternakan hingga sekitar Januari 2024. Karena virus saat ini masih ada, meski sudah berkurang dari sebelumnya. Dengan harapan di bulan Januari semuanya telah benar – benar hilang.

Tetapi jika memang akan memulai kembali peternakan, maka lebih bijak agar tidak membeli bibit dari luar daerah. Melainkan dari dalam Kabupaten Kepulauan Sangihe saja, tapi pada wilayah yang tidak terdampak dan aman dari virus.

“Kalau sudah ada yang telah mulai beternak lagi kiranya selalu waspada dengan meningkatkan kesadaran akan kebersihan kandang dan ternak agar tetap steril,” pungkas Dia.

Latest from Same Tags