24 February 2024

//

Majelis Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Penetapan Tersangka Dugaan Korupsi Bansos Ikan Kaleng di Manado

1 min read
Praperadilan Korupsi Bansos Manado
Sidang gugatan praperadilan dugaan kasus korupsi Bansos yang digelar di PN Manado, Senin (23/10/2023)

KANALMETRO, MANADO – Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Manado menolak gugatan praperadilan dalam proses penetapan tersangka atas dugaan korupsi Bantuan Sosial (Bansos) Ikan Kaleng di Kota Manado tahun 2020. Hal itu disampaikan dalam sidang di PN Manado, Senin 23 Oktober 2023.

Ketua Majelis Hakim, Muhammad Alfi Usup menyatakan bahwa penetapan tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado telah melalui prosedur yang sesuai aturan.

Gugatan praperadilan itu dilakukan oleh SK alias Sammy yang telah ditetapkan menjadi tersangka dugaan korupsi Bansos Ikan Kaleng di Kota Manado tahun 2020.

Sedangkan Kepala Kejari Manado, Wagiyo Santoso melalui Kasi Pidsus, Evan Sinulingga mengatakan ditolaknya praperadilan SK membuktikan bahwa prosedur penetapan tersangka sudah sesuai aturan.

Sehingga kini pihak Kejari Manado akan fokus dalam proses penyelesaian pemberkasan agar segera dilimpahkan ke PN untuk disidangkan.

Sekedar diketahui bahwa saat dugaan korupsi itu terjadi di tahun 2020, Sammy menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Manado. Namun ada pula satu tersangka lainnya yakni lelaki RI alias Rully yang disinyair melakukan mark up harga.

Proyek tersebut terbagi dalam tiga tahap dan bernilai sekitar Rp 27 Miliar. Dan dari hasil audit BPKP Sulut diketahui ada kerugian negara senilai Rp 7,5 miliar. Kini Sammy dan Rully telah ditahan di Rutan Manado. (Roni)

Latest from Same Tags