25 July 2024

Aplikasi Simakapetore Pantau Aktivitas di Danau Tondano

1 min read
Aplikasi Simakapetore Danau Tondano
Launching aplikasi Simakapetore oleh Sekda Minahasa agar aktivitas di Danau Tondano terpantau, Rabu (8/11/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Rabu 8 November 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melakukan launching terhadap aplikasi Simakapetore guna memantau segala aktivitas di Danau Tondano dan sekitarnya.

Sehingga nantinya segala program dan kegiatan yang dilaksanakan di Danau Tondano oleh Pemkab, Pemprov, Kementerian, Kecamatan, Desa /Kelurahan dan masyarakat sekitar akan terpantau melalui aplikasi Simakapetore oleh Bupati

“Yang dipantau adalah terkait pengelolaan dan pemanfaatan Danau Tondano,” kata Kabag Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa, Lexy Korengkeng.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Lynda Watania mengatakan bahwa Danau Tondano memiliki beberapa permasalahan. Diantaranya pendangkalan, penyempitan dan penurunan kualitas air.

Sehingga saat ini pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai serta Pemkab dan Pemprov terus melakukan upaya-upaya percepatan pemulihan sesuai prioritas pembangunan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 6 Tahun 2021 tentang penyelamatan Danau prioritas nasional.

Dimana penyelamatan Danau Tondano dilakukan dalam rangka melestarikan dan mempertahankan fungsi danau berdasarkan prinsip keseimbangan ekosistem serta daya dukung lingkungan.

Latest from Same Tags