13 July 2024

Wali Kota Tomohon Ikut Rakornas Pengadaan Barjas

1 min read
Caroll Senduk dalam Rakornas bersama sejumlah pejabat daerah

KANALMETRO, TOMOHON – Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koperasi Teten Masduki di Hotel Bidakara Jakarta. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 7 hingga 8 November, dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi dan pemimpin daerah, termasuk Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk.

Rapat ini merupakan langkah konkrit dalam menerapkan instruksi Presiden sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2023 mengenai percepatan transformasi digital di sektor pengadaan barang dan jasa Pemerintah. Instruksi ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang menekankan pentingnya peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk dari usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada proses pengadaan barang/jasa pemerintah. Presiden juga memberikan instruksi untuk mengalihkan proses pengadaan dari manual ke elektronik paling lambat tahun 2023.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bertanggung jawab sebagai pelaksana kegiatan ini dengan tema utama adalah ‘Transformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju’. Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah Gubernur, Bupati, dan Walikota dari seluruh Indonesia.

Caroll Senduk dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungannya penuh terhadap Instruksi Presiden No 2/2022 yang mengadvokasi penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) dan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Turut mendampingi Walikota dalam kegiatan ini adalah Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda, Ivonne Palit, beserta jajaran.

Latest from Same Tags