14 July 2024

Caroll Senduk Dorong Tingkatkan Kapabilitas APIP

1 min read
Wali Kota Tomohon membuka Bimtek

KANALMETRO, TOMOHON – Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk turut hadir dan menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Luwansa Hotel and Convention Center Manado. Acara yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 November 2023 ini diikuti oleh seluruh Jajaran Inspektorat Daerah Kota Tomohon.

Narasumber lainnya meliputi Ibu Lusiana Selly Kopong, S.E., M.E., auditor ahli muda Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, serta Ibu Annisa Nur Riswandhana, A.Md.A.P.J., Auditor Terampil Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Wali Kota menyampaikan betapa pentingnya peningkatan kapabilitas APIP, khususnya Inspektorat Daerah Kota Tomohon, dalam menciptakan good governance dan clean governance sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pasal 380 Undang-undang tersebut menegaskan bahwa Inspektorat memiliki tugas membantu kepala daerah dalam pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat daerah.

Dalam upaya mewujudkan peran APIP secara efektif, Inspektorat Daerah Kota Tomohon aktif melakukan pembinaan dan pengawasan melalui kegiatan audit/pemeriksaan, review, evaluasi, monitoring, dan kegiatan pengawasan lainnya. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan akuntabilitas, transparansi, efektivitas, dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan.

Latest from Same Tags