13 July 2024

Warga di Desa Sinuian Remboken Dilatih Pencegahan Potensi Bencana

1 min read
Bencana Minahasa
Sosialisasi oleh tim BPBD Minahasa terhadap sejumlah warga di Desa Sinuian, Kecamatan Remboken, Rabu (15/11/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Rabu 15 November 2023, sejumlah warga di Desa Sinuian, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa dilatih soal bagaimana melakukan pencegahan terhadap ancaman potensi bencana.

Pelatihan itu dilakukan oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa. Dengan harapan, kedepan warga di Desa Sinuian mampu melakukan langkah – langkah pencegahan jika adanya potensi bencana di sekitar mereka yang kapan saja bisa terjadi.

Sehingga hal tersebut sebagai salah satu bentuk mitigasi kepada warga, apalagi kini Kabupaten Minahasa dalam situasi siaga bencana lantaran kondisi cuaca tak menentu. Dan curah hujan sering terjadi yang berpotensi pada bencana alam.

Kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan bencana BPBD Minahasa, Merel Sumarauw menjelaskan jika hal itu sangat penting agar pula nantinya warga bisa terhindar sebagai korban jiwa saat bencana terjadi.

Sehingga menurut Dia, kesempatan tersebut juga warga diberikan simulasi terkait pertolongan pertama bagi korban bencana.

Karena Minahasa memiliki banyak potensi ancaman bencana seperti banjir rob dan bandang, tanah longsor, gempa bumi, pohon tumbang, erupsi gunung berapi serta kebakaran hutan dan lahan.

Latest from Same Tags