18 July 2024

Pemenuhan Gizi dan Pendidikan Anak Jadi Fokus Pemkab Sangihe

1 min read
dr Rinny Tamuntuan
Pj Bupati Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menyebutkan pemenuhan gizi dan pendidikan anak jadi perhatian serius pihaknya, Senin (20/11/2023). KM-Iwan

KANALMETRO, SANGIHE – Pemenuhan hak anak, terlebih soal asupan gizi dan Pendidikan merupakan salah satu bagian dari program yang menjadi fokus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe.

Karena menurut Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan, pemenuhan hak anak termasuk asupan gizi yang baik adalah salah satu upaya untuk mencegah Stunting.

“Kami telah mengimplementasikan berbagai program lainnya juga, termasuk Gerakan Orang Tua Asuh,” kata dr Rinny Tamuntuan dalam peringatan Hari Anak Internasional di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin 20 November 2023.

Dia menjelaskan bahwa dalam penanganan Stunting, pihaknya kami melibatkan berbagai pihak karena hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama. Termasuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Sangihe. Hasilnya pun angka Stunting di Kabupaten Kepulauan Sangihe menurun.

Selain masalah gizi, Pemkab Sangihe juga mengatasi permasalahan pendidikan melalui Program Keluarga Harapan. Dimana setiap anak, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu, mendapatkan bantuan langsung berupa peralatan dan biaya pendidikan melalui beasiswa.

“Program ini kerja sama antara pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten. Ini mencakup bantuan perlengkapan sekolah dan beasiswa untuk anak-anak dari keluarga yang kurang mampu, mulai dari SD hingga SMA,” jelas Dia.

Dia pun berharap lewat momen Hari Anak Sedunia semakin menguatkan komitmen semua pihak, termasuk pemerintah, dalam memastikan pemenuhan hak-hak anak demi masa depan yang lebih baik.

Reporter: Ridwan Machmud

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags