24 February 2024

Wali Kota Tomohon Buka Kegiatan Bimtek Pengembangan Usaha Mikro Souvenir

2 mins read
Sambutan Wali Kota saat membuka Bimtek, Selasa (21/11/2023). (foto: pemkot)

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon melalui instansi terkait mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Mikro dengan fokus Peningkatan Skala Usaha di bidang souvenir. Acara ini dilangsungkan pada Selasa 21 November 2023 bertempat di Wise Hotel, dengan dihadiri oleh Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk yang membuka kegiatan tersebut.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan komitmen penuh Pemerintah Kota Tomohon untuk memberikan dukungan maksimal dalam pengembangan usaha mikro. Beliau percaya bahwa usaha mikro memainkan peran kunci dalam perekonomian lokal maupun internasional.

“Dengan Tomohon sebagai Kota Pariwisata, keberadaan souvenir dapat mendukung potensi pariwisata dengan memberikan pengunjung kenang-kenangan khas daerah. Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan bimbingan teknis yang dibutuhkan untuk meningkatkan skala usaha para pelaku usaha mikro souvenir,” ungkap Walikota Senduk.

Harapannya, melalui bimbingan teknis ini, para pelaku usaha mikro souvenir dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia mereka. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tetapi juga menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan membangun jejaring bisnis.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tomohon, Ir. Nova Rompas, menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 20 hingga 22 November 2023. Ada 44 peserta usaha bidang souvenir se-Kota Tomohon yang turut serta dalam kegiatan ini.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para pelaku usaha di bidang souvenir di Kota Tomohon, agar lebih berkualitas dan berdaya saing baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambah Nova Rompas.

Kegiatan ini diisi oleh Gian Mansa, Manager GM ART, sebagai narasumber bidang souvenir, dan dihadiri oleh para peserta pelaku UMKM bidang souvenir. Diharapkan, melalui bimbingan teknis ini, industri souvenir di Kota Tomohon dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal serta memperkuat daya saingnya di pasar nasional dan internasional.

Latest from Same Tags