24 February 2024

//

Lokasi yang Tak Bisa Dipasangi APK Pemilu 2024 Berdasarkan Keputusan KPU Sulut

1 min read
Lokasi APK Pemilu Sulut
Sejumlah APK Pemilu 2024 dari Parpol dan Bakal Caleg yang terpasang pada salah satu lokasi di Kabupaten Minahasa, Rabu (1/11/2023). KM-Kelly

KANALMETRO, SULUT – Memasuki tahapan kampanye dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengeluarkan keputusan tekait lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Dalam keputusan KPU Sulut nomor 104 tahun 2023 juga menjelaskan lokasi mana yang tidak bisa dilakukan pemasangan APK untuk Pemilu 2024 di Sulawesi Utara.

Sejumlah lokasi tak tak bisa dipasang APK yakni tempat ibadah, Rumah sakit atau tempat pelayanan Kesehatan, tempat Pendidikan yang meliputi gedung dan atau halaman sekolah dan atau perguruan tinggi.

Selain itu pula di gedung milik pemerintah, fasilitas tertentu milik pemerintah serta fasilitas lain yang dapat mengganggu ketertiban umum.

“Jadi lokasi yang dilarang untuk pemasangan APK termasuk pada halaman, pagar dan atau tembok,” kata Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon kepada Kanal Metro, Rabu 6 Desember 2023.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Minahasa ini menjelaskan bahwa hal itu ditetapkan pihaknya dalam sebuah keputusan dengan mempertimbangkan berbagai hal. Diantaran terkait etika, estetika, kebersihan, keindahan dan keamanan kota atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Keputusan ini telah ditetapkan sejak 27 November 2023. Kiranya semua peserta Pemilu agar memperhatikan hal ini dalam melakukan pemasangan APK,” pungkas Meidy Tinangon.

Reporter/Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags