25 July 2024

/

Kampung Wisata Kakaskasen Dua Tomohon Lima Besar Penerima Sertifikasi SNI CHSE

2 mins read
Sertifikat Kampung Wisata Tomohon
Sertifikat CHSE bagi Kampung Wisata Kakaskasen Dua, Tomohon. (foto: dok dinas pariwisata tomohon)

KANALMETRO, TOMOHON – Kampung Wisata Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon masuk lima besar dalam sertifikasi Clean, Health, Safety, and Environment (CHSE) Nasional.

Sehingga Deputi Bidang Industri dan Investasi bersama Direktorat Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan fasilitasi pembiayaan Sertifikasi SNI CHSE kepada para pelaku usaha dilima Kampung Wisata pemenang, termasuk Kakaskasen Dua, Tomohon.

Hal itu merupakan kerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN). Sehingga dilakukan sosialisasi dan pendampingan penerapan SNI CHSE kepada para pelaku usaha dilima Desa Wisata. Dimana Lembaga Sertifikasi (LSPr) Usaha Pariwisata kemudian melakukan audit secara sampling mengacu pada dokumen Komite Akreditasi Nasional KAN K-08.07 Rev. 01.

“Satu lagi prestasi pariwisata Tomohon, Kakaskasen Dua Kampung Wisata Tersertifikasi CHSE Nasional. Hanya lima daerah di Indonesia yang menerima sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf RI,” kata Kepala Dinas Pariwisata Tomohon, Yudhistira Siwu, Selasa 19 Desember 2023.

Dia mengatakan jika Kampung Wisata yang tersertifikasi CHSE diakui dapat meningkatkan kredibilitas dan kapasitas daerah tujuan wisata.

“Hal ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kepercayaan calon wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tomohon. Prestasi ini juga sejalan dengan visi Wali Kota Caroll Senduk dalam menjadikan Tomohon sebagai Kota Wisata Dunia,” tambah Dia.

Sekedar diketahui bahwa Kampung Wisata Kakaskasen Dua memiliki sepuluh objek wisata yang telah diaudit, antara lain House of Kitty, Youl.Craft, Homestay Adventourindo, Istana Ikan Laut, Adventurindo Tours, Bukit Doa Mahawu, Tanaraya Tomohon, Shareeat, Gardenia Restoran, dan Villa Emera Hills.

Keberhasilan ini semakin mengukuhkan Tomohon sebagai destinasi wisata unggulan dengan standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan yang tinggi.

Sedangkan empat Desa Wisata lainnya penerima sertifikasi SNI CHSE dari Kemenparekraf yakni Desa Wisata lboih, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Desa Wisata Duren Sari Sawahan, Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Bira Tengah, Kabupaten Sampang serta Desa Wisata Bowele, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags