25 July 2024

/

Kebakaran di Kolongan Tomohon, Lima Rumah Dilalap Api

2 mins read
Kebakaran Kolongan Tomohon
Salah satu rumah warga yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Kolongan, Tomohon, Minggu (14/1/2024). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Kebakaran terjadi di Kelurahan Kolongan, Lingkungan 5, kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Minggu 14 Januari 2023 siang sekitar pukul 11.00 WITA. Akibatnya, lima rumah warga setempat rata tanah karena dilalap si api.

Kelima rumah warga yang ludes dilalap si jago merah yakni milik Keluarga Lasut – Rau, Rau – Lembeng, Lasut – Poluan, Lasut – Mangundap dan Rau – Paat. Selain itu ada dua rumah warga yang ikut terdampak yakni milik Keluarga Rapar – Lasut dan Rau – Wungow.

Empat unit kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibantu dua unit kendaraan PDAM serta satu dari Pemkab Minahasa untuk memadamkan api kobaran api yang menghebohkan warga di Kelurahan Kolongan itu.

Sekitar tiga, petugas Damkar dibantu warga setempat berhasil memadamkan api serta mencegah menyebar ke rumah warga lainnya.

“Setelah menerima laporan, kami langsung mengirimkan kendaraan Damkar dilengkapi dengan tiga regu. Petugas memastikan api benar-benar padam,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon, Toar Pandeirot.

Sementara itu Lurah Kelurahan Kolongan, Veronica Runtuwene menyebutkan bahwa pasca musibah tersebut terjadi pihaknya langsung menyerahkan bantuan dari pemerintah.

“Untuk keluarga yang tertimpa musibah, saat ini sementara mengungsi pada keluarga mereka di sekitar. Ada juga yang memiliki rumah di tempat lain, jadi sementara tinggal disana,” jelas Veronica Runtuwene.

Dia juga mengatakan bahwa untuk makanan saat ini dibantu oleh masyarakat kolongan dan beberapa pihak. Dan nantinya pihak pemerintah kelurahan akan segera membuat dapur umum bagi warga yang tertimpa musibah dan terdampak.

Berikut Keluarga yang terkena kebakaran:

  1. Kel.Lasut – Rau : 1 anggota keluarga
  2. Kel. Lasut Poluan : Rudi Lasut 7 anggota keluarga (bayi 1, 1 disabilitas, istri, anak-anak )
  3. Kel. Lasut Mangundap : Robbi lasut 4 anggota keluarga istri & anak-anak
  4. Kel. Rau Paat 4 anggota keluarga Wellem Rau , istri, anak, Maria Rau
  5. Kel. Rau Lembeng Niklas Rau (4 anggota keluarga) istri anak-anak dan 1 balita

Keluarga yang terdampak

  1. Rapar Lasut Eni lasut (1 anggota keluarga)
  2. Rau Wungouw ( 2 anggota keluarga)

Reporter: Wailan Montong
Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags