14 July 2024

/

Bawaslu Minahasa Ajak Ormas Jadi Pengawas Partisipatif

1 min read
Bawaslu Minahasa
Sosialisasi pengawasan partisipatif oleh Bawaslu Minahasa, Selasa (6/2/2024). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa mengajak Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) untuk nantinya menjadi pengawas partisipatif dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Oleh karena itu dilaksanakan sosialisasi oleh Bawaslu Minahasa terkait pengawas partisipatif terhadap Ormas maupun pemantau Pemilu, Selasa 6 Februari 2024 di Hotel Yama Tondano.

“Harapannya peserta dalam sosialisasi ini bisa membantu kami dalam proses-proses pengawasan,” kata kordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Minahasa, Arthur Karinda.

Dia menjelaskan bahwa secara formal, pengawasan dilakukan oleh lembaga pengawas Pemilu,seperti Bawaslu dan jajarannya. Namun masyarakat juga ikut andil dalam pengawasan.

“Bawaslu kini bukan saja mengawasi, tapi melakukan upaya – upaya pencegahan terhadap hal – hal yang berpotensi pelanggaran. Kami mengoptimalkan serta mencegah secara dini pelanggaran dengan melibatkan masyarakat. Itu supaya meminimalisir terjadinya berbagai pelanggaran Pemilu,” tambah Dia.

Dan nantinya ketika masyarakat telah menemui ada pelanggaran serta dilaporkan ke Bawaslu, maka pihaknya akan mengambil tindakan dengan menanganinya sesuai aturan.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags