15 July 2024

/

Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah Pemkab Minahasa Guna Jaga Stabilitas Harga Serta Pasokan Jelang Idul Fitri

1 min read
Operasi Pasar Minahasa
Pelaksanaan Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah Pemkab Minahasa, Kamis (4/4/2024). foto: pemkab

KANALMETRO, MINAHASA – Kamis 4 April 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa kembali melaksanakan kegiatan operasi pasar dan gerakan pangan murah. Kali ini dilaksanakan di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tondano Utara serta pada Kecamatan Tombariri.

Dimana operasi pasar dan gerakan pangan murah itu dilaksanakan oleh Pemkab Minahasa, dalam hal ini Dinas Pangan serta Bagian Ekonomi Setdakab guna menjaga stabilitas harga serta pasokan jelang hari raya Idul Fitri.

“Stabilisasi harga beras melalui kegiatan ini, beras premium dari Rp 17.500 menjadi Rp 16.250/Kg, beras medium Rp 16.250/Kg menjadi Rp 15.000/Kg,” kata Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minahasa, Teddy Sumual.

Selain Dia mengatakan bahwa untuk bawang putih dengan harga Rp 40 ribu/Kg, bawang merah Rp 40 ribu /Kg, minyak kelapa Rp 14 ribu/Kg, beras 5 kilogram Rp 54.500/sak. Ada ada pula rica, sayur dan rempah-rempah lainnya yang disediakan dalam kegiatan pangan murah.

Dia juga mengatakan untuk operasi pasar murah di kecamatan Tombariri, Pemkab bekerja sama dengan Bulog SulutGo menjual beras harga yang sama yaitu Rp 54.500/sak dengan berat satuan 5 Kg.

Pemkab juga melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tetap konsisten melakukan kegiatan serupa dan sidak pasar. Maupun terus koordinasi dengan daerah penghasil komoditas, dan melakukan pemantauan harga pangan”

Dia menjelaskan pula bahwa program ini merupakan implementasi dari tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam rangka mengendalikan inflasi. Serta sebagai bentuk kepedulian Pemkab Minahasa kepada masyarakat, terlebih khusus bagi umat muslim yang sementara menjalankan Ibadah Puasa dan akan menghadapi Idul Fitri 1445 H.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags